Kemitraan Blockchain Eropa Akan Dipimpin Italia, Swedia, dan Ceko

By Aulia Medina     Friday, July 12 2019

Italia, Swedia dan Republik Ceko akan berbagi kepresidenan satu tahun berikutnya dari Kemitraan Blockchain Eropa, Cointelegraph Italia melaporkan pada 9 Juli kemarin.

Setelah pertemuan Kemitraan Blockchain Eropa di Brussel yang diselenggarakan kemarin. Telah diputuskan bahwa Italia, Swedia, dan Republik Ceko akhirnya menentukan presiden untuk satu tahun kedepan untuk Kemitraan blockchain Eropa, yang akan mulai berlangsung dari Juli 2019 hingga Juli 2020.

Marco Bellezza, seorang Penasihat Hukum untuk Menteri Di Maio untuk komunikasi dan inovasi digital dan Koordinator delegasi Italia dari EU Blockchain Partnership, mengatakan:

“Kepresidenan Italia dari kemitraan Uni Eropa Blockchain adalah pengakuan pertama dari kegiatan yang dilakukan di depan ini atas dorongan Menteri Luigi Di Maio, dengan pandangan untuk memberikan Italia peran kepemimpinan dalam proyek-proyek Eropa di Blockchain. Ini adalah peluang unik untuk lebih memajukan pengetahuan dan penggunaan teknologi ini untuk kepentingan warga negara dan bisnis dengan memperkuat kerja sama di dalam UE. “

Baca juga: Kaspersky Lab: Hanya 1 dari 10 Orang yang Mengerti Cryptocurrency

Tujuan Dibentuknya Kemitraan

Italia bergabung dengan Kemitraan Blockchain Eropa pada September tahun lalu. Kemitraan ini adalah entitas yang dipromosikan oleh Komisi Eropa dari lima bulan sebelumnya sebagai “bentuk ‘kendaraan’ untuk kerja sama antara Negara Anggota untuk bertukar pengalaman dan keahlian di bidang teknis dan peraturan dan mempersiapkan peluncuran aplikasi [blockchain] di seluruh Uni Eropa di Pasar Digital Tunggal untuk manfaat sektor publik dan swasta. “

Pada bulan Februari 2019 lalu, Dewan Perwakilan Rakyat Italia menyetujui RUU tentang pendistribusian teknologi ledger terdistribusi seperti teknologi blockchain. Pada saat itu, Maria Laura Mantovani, seorang anggota Parlemen Italia dalam partai Movimento 5 Stelle, mengatakan kepada Cointelegraph Italia bahwa kasus penggunaan yang menguntungkan untuk blockchain adalah dari aplikasinya dalam pemungutan suara online.

Bulan lalu, Asosiasi Perbankan Italia mengumumkan bahwa bank-bank asal Italia akan mengintegrasikan DLT ke dalam proses internal untuk meningkatkan penyelesaian. Penempatan teknologi blockchain ini juga diatur untuk meningkatkan transparansi dalam setiap transaksi antar bank dan efisiensi komunikasi antar pihak yang telibat.

Sumber