Berita Blockchain · 6 min read

Berapa Kecepatan Blockchain ETH Setelah The Merge?

Kecepatan Blockchain ETH Setelah The Merge

Salah satu masalah yang melingkupi Ethereum adalah kecepatan transaksinya yang hanya 30 hingga 50 transaksi per detik jumlah ini lebih sedikit daripada pesaingnya yakni Solana, yang bisa memproses 65.000 transaksi per detik.

Dengan kekurangan ini Ethereum pun terus melakukan perbaikan, puncaknya akan terjadi pada The Merge pada 15 September 2022.

The Merge diharapkan bisa meningkatkan transaksi di blockchain Ethereum menjadi lebih banyak dan cepat. Namun berapa perubahan transaksi yang sebenarnya diberikan Ethereum setelah proses penggabungan rampung?

Kecepatan Blockchain Ethereum

Sebelumnya, Vitalik Buterin menjanjikan bahwa setelah Ethereum 2.0 meluncur, kecepatan Blockchain ETH akan naik hingga 100.000 transaksi per detik. 

Saat ini kecepatan transaksi Ethereum hanya berada pada sekitar 30 hingga 50 transaksi per detik menurut data dari blockchain scanner Ethereum. Perubahan signifikan menjadi 100.000 transaksi per detik dianggap masih berupa harapan karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Saat perkembangan masuk ke Beacon Chain, terlihat jelas bahwa rencana Ethereum 2.0 butuh waktu hingga beberapa tahun ke depan untuk direalisasikan secara menyeluruh.” Ujar tim Ethereum di blog resminya.

Menurut rilis Ethereum di situs resminya, masih banyak investor yang tidak mengetahui bahwa kecepatan Ethereum tidak akan naik secara signifikan. Kenyataannya, setelah The Merge, kecepatan Blockchain Ethereum hanya akan meningkat sekitar 10%.

Kesalahpahaman The Merge
Informasi Kesalahpahaman The Merge dari Ethereum.org

Tercatat bahwa saat ini Ethereum memiliki kecepatan transaksi sekitar 30 hingga 50 transaksi per detik atau terdapat sekitar 13,3 detik untuk block baru tercipta pada blockchainnya. 

Dengan tambahan pembaruan lainnya, diprediksi bahwa nantinya akan terjadi pengurangan sekitar 1 detik pada waktu penciptaan block. 

Baca juga: 7 Kesalahpahaman The Merge Ethereum

Untuk kecepatan yang dilihat dari transaksi per detik diperkirakan peningkatan maksimum hanya akan terjadi sebesar 5 hingga 20 detik. 

Kecepatan Transaksi Blockchain Ethereum Setelah The Merge

Jadi setelah The Merge kecepatan transaksi per detik Blockchain Ethereum kemungkinan adalah sekitar 70 transaksi per detik. 

Angka ini merupakan angka yang kecil dan diprediksi tidak akan dirasakan secara signifikan oleh pengguna Blockchain Ethereum. 

Perlu diingat bahwa angka ini merupakan angka yang sangat jauh dari pernyataan Vitalik Buterin sebelumnya yaitu pada 100.000 transaksi per detik. 

Dengan informasi ini, diharapkan bahwa investor lebih objektif lagi terhadap Ethereum terutama jika membuat keputusan investasi. 

Sebab, walau terjadi peningkatan, inti akhir dari pembaruan Ethereum ini bukan untuk meningkatkan kecepatan, namun untuk membuat Ethereum bersifat deflasi dan lebih ramah lingkungan. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.