Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Memecoin · 8 min read

Kapitalisasi Pasar Memecoin Solana dan Base Anjlok

memecoin

Menyambut awal bulan April 2024, harga Bitcoin dihadapkan dengan koreksi harga signifikan. Harga Bitcoin turun dari dari level US$70.000 ke level US$66.000, penurunan harga raja aset kripto itu turut membuat sektor kripto lain terdampak, salah satunya memecoin yang tengah mendapatkan atensi dari investor. 

Sektor memecoin tercatat mengalami penurunan kapaitalisasi padsar 6,5% dalam 24 jam terakhir dengan bernilai sebesar US$63,4 miliar. Dua jaringan tempat memecoin tengah mendapatkan ketenarannya, Base dan Solana juga mengalami penurunan kapitalisasi pasar. 

Gambar: Kapitalisasi pasar memecoin. Sumber: CoinGecko.

Total kapitalisasi pasar Base turun 19% selama 24 jam menjadi US$1,47 miliar. Token asli dari jaringan Layer 3 baru yang dijuluki “Degen” (DEGEN) di Base, mengalami penurunan kapitalisasi pasar sebesar 26,14% menjadi US$436,5 juta.

Di sisi Solana, total kapitalisasi pasar memecoinnya anjlok sebesar 12%, dengan token terkemuka, dogwifhat (WIF), mengalami penurunan sebesar 9%, menyebabkan kerugian kapitalisasi pasar sebesar US$3,9 miliar. 

Di delapan bursa kripto utama, WIF saat ini menawarkan total bunga terbuka (OI) sebesar US$484 juta. Namun, US$2,76 juta dalam posisi leverage telah dilikuidasi selama 24 jam terakhir, termasuk US$1,89 juta dalam posisi short dan US$872,460 dalam posisi long, menurut data CoinGlass.

Baca juga: Harga DEGEN Naik 200% dalam Seminggu, Ini Faktor Pemicunya!

Memecoin Terdampak Koreksi Harga Bitcoin

Reaksi tajam pasar memecoin menyikapi penurunan harga Bitcoin ini disoroti oleh analis kripto, Mati Greenspan dari Quantum Economics.

“Saya kira itu tidak lagi lucu, cukup tepat bahwa puncaknya terjadi pada hari April Mop, ada terlalu banyak nilai pada memecoin, suatu saat pasti akan berakhir, dan tidak bisa bertahan selamanya,” kata Greenspan kepada Cointelegraph. 

Ia menambahkan, “Ini memiliki korelasi terarah, ketika Bitcoin naik, mereka naik lebih banyak, dan ketika Bitcoin turun, mereka turun lebih dari Bitcoin. Hal ini akan bertahan untuk waktu yang sangat lama.”

Charles Edwards, pendiri Bitcoin kuantitatif dan dana digital Capriole juga memiliki pandangan serupa dengan Greenspan. Menurutnya memecoin biasanya akan mengalami dampak dua kali lipat dari penurunan harga Bitcoin. Ia juga mengatakan bahwa SOL dan BASE masih memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan BTC dan ETH. 

Baca juga: Binance Luncurkan Memecoin Challenge Berhadiah US$1 Juta

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.