Kapitalisasi Pasar Bitcoin Lebihi Jumlah Uang Cash Australia

Anisa Giovanny

4th April, 2021

Hanya beberapa minggu setelah  melewati kapitalisasi pasar $1 triliun, penilaian Bitcoin sekarang melebihi nilai total uang  fisik di Australia.

Bitcoin, mata uang kripto terbesar di dunia, sekarang memiliki nilai lebih dalam sirkulasi daripada seluruh suplai uang M1 (uang fisik) Australia.

Pada Februari 2021, bitcoin telah lewat kapitalisasi pasar $1 triliun untuk pertama kalinya. Hanya sebulan kemudian, sekarang bernilai sekitar $1.085 triliun.

Pasokan uang M1 suatu negara mewakili nilai total uang kertas dan koin fisik yang beredar. Pada Januari 2021, data menunjukkan bahwa jumlah uang beredar M1 Australia berada di sekitar setara dengan $1.079 triliun.

Baca juga: Hiperinflasi Makin Dekat, Bitcoin Jadi Penyelamat?

Uang Beredar M1 vs. Bitcoin

Meskipun penilaian bitcoin berfungsi sebagai barometer pertumbuhan yang penting, namun tidak semua perbandingannya dengan mata uang fiat sama.

Pertama, jumlah uang beredar M1 AS meledak selama setahun terakhir saja. Ini karena Federal Reserve tanpa henti mulai mencetak uang pada tahun 2020 untuk mengatasi kesulitan ekonomi. Kesepakatan stimulus ekonomi, pelonggaran kuantitatif, dan strategi kontrol pasar non-konvensional lainnya umumnya memerlukan pertumbuhan jumlah uang beredar.

Saat membandingkan Bitcoin dengan seluruh mata uang, mata uang kripto terbesar di dunia masih berjalan cukup baik. Menurut FiatMarketCap, bitcoin menempati urutan keempat belas dalam daftar mata uang global  mengalahkan rubel Rusia dan dolar Singapura.

Meskipun negara-negara dapat dengan mudah mencetak uang, Bitcoin justru menguatkan nilainya dari waktu ke waktu.

Pasokan cryptocurrency terbatas, sementara hal yang sama tidak berlaku untuk mata uang fiat. Setiap tahun, dolar AS mengalami beberapa poin persentase inflasi, yang menyebabkan nilainya perlahan-lahan menurun seiring waktu.

Kekuatan Bitcoin juga diwakili oleh jumlah nilai yang ditransfer pada titik waktu tertentu. Dalam aspek ini, juga, cryptocurrency berhasil menunjukkan kinerja yang kuat. Menurut Coin Metrics, sekitar $137.000 BTC berpindah tangan setiap detik hampir $500 juta per jam.

Bitcoin Membayangi Emas pada tahun 2021

Tidak seperti kebanyakan aset fisik, kekuatan Bitcoin berasal dari fakta bahwa ia dapat ditransfer dengan mudah hanya dengan koneksi internet. Sebaliknya, simpanan nilai lainnya seperti emas dengan cepat menjadi tidak dapat dipertahankan dan ditransfer dalam jumlah besar.

Baca juga: 4 Persamaan Bitcoin dan Emas Sebagai Alat Investasi Masa Kini

Hanya memindahkan beberapa emas batangan secara internasional dapat memerlukan kepatuhan dan formalitas logistik yang masif. Pada 2017, Jerman menghabiskan setidaknya empat tahun mengangkut emas senilai $31 miliar dari Paris ke New York.

Sebaliknya, blockchain Bitcoin dapat mentransfer nilai yang sama dalam satu transaksi – dengan beberapa dolar. Dengan biaya yang cukup tinggi, transaksi tersebut bahkan akan dimasukkan ke blok berikutnya, hanya 10 menit kemudian.

Mengingat keunggulan Bitcoin yang hampir tak terbatas dibandingkan emas, tidak mengherankan jika perusahaan dan bank mulai menganggapnya serius.

Baca juga: Tesla Beli Bitcoin $1,5 Miliar, Apple Bakal Ikutan?

Setelah pembelian bitcoin senilai $1,5 miliar dari Tesla, sejumlah perusahaan juga menyatakan minatnya untuk memperoleh aset tersebut. Dari PayPal hingga Mastercard, setiap perusahaan pembayaran bersaing untuk mendapatkan bagian dari industri kripto akhir-akhir ini.

Informasi ini bisa ditemukan kembali di sini.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency