Berita Altcoins · 5 min read

JP Morgan: Bitcoin Terima Lebih Banyak Minat Institusional

JP Morgan (JPM) sebuah firma sekuritas, perbankan investasi dan perbankan eceran global Amerika Serikat mengeluarkan dokumen setebal 74 halaman yang melibatkan cryptocurrency terbesar.

Di antara topik yang dibahas, laporan tersebut menguraikan perkembangan Bitcoin yang telah menarik lebih banyak investor institusional.

Makalah JPM merujuk pada perusahaan yang diatur seperti Chicago Mercantile Exchange dan ICE’s Bakkt. Disimpulkan bahwa minat terhadap CME tumbuh secara signifikan pada tahun 2019. Seperti yang dilaporkan Cryptopotato baru-baru ini, pertukaran Bitcoin yang berbasis di Chicago terus meningkatkan volume perdagangan hariannya. Sedangkan untuk platform Bakkt dilaporkan belum mencapai potensi sepenuhnya.

“Sementara peluncuran ICE dan Bakkt mewakili munculnya opsi Bitcoin yang diselesaikan secara terpusat pada pertukaran AS yang diatur, tonggak utama untuk pasar crypto, volume opsi dan minat terbuka sejauh ini agak kecil,” tulis laporan tersebut.

Topik penting lain datang dari segi volatilitas. Dokumen ini menginformasikan bahwa volatilitas Bitcoin berkurang tahun lalu, tetapi setidaknya masih  lima kali lebih besar dari pasar inti seperti Ekuitas atau Lindung Nilai seperti Komoditas.

Tidak hanya membahas soal Bitcoin, laporan dari JP Morgan juga membahas soal peningkatan blockchain yang telah mengalami perkembangan serius dalam teknologi.

“Blockchain telah melampaui eksperimen dan penggunaan dalam pembayaran,” kata laporan itu. Juga diinformasikan bahwa sektor keuangan, khususnya bidang pemukiman dan kliring, dapat memperoleh manfaat secara signifikan dengan menerapkan teknologi buku besar yang didistribusikan, “  tulis laporan itu.

Namun, blockchain belum sepenuhnya menjadi arus utama, karena masih butu kesadaran bagi masyarakat dunia untuk menerima blockchain sebagai arus utama dan menyadari kebutuhan teknologi itu untuk verifikasi informasi yang masuk ke blockchain.

Baca juga: JP Morgan Putuskan Pindah ke Crypto

JP Morgan Jabarkan Stabilitas Stablecoin

JP Morgan juga membawa laporan soal stablecoin. Karena kripto  itu relatif stabil di saat fluktuasi harga yang intens,  trader biasanya menggunakan itu sebagai lindung nilai dalam berbagai situasi.

Dokumen tersebut mengklaim bahwa penggunaannya meningkat pada 2019. Stablecoin memiliki potensi  untuk tumbuh secara substansial dalam aktivitas transaksional global meskipun ada tantangan yang melekat dalam struktur mikro pengoperasian sistem pembayaran seperti itu.

Pada saat yang sama, stablecoin milik pribadi seperti Libra Facebook dapat terus menghadapi rintangan peraturan. JP Morgan percaya bahwa kebutuhan akan pengawasan peraturan yang substansial datang karena adopsi yang cepat.

Perlu juga dicatat bahwa bank raksasa itu juga pernah mengumumkan rencana untuk menciptakan rencana cryptocurrency JPM sendiri tahun lalu.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.