Jaringan Node Bitcoin Raih All Time High

Anisa Giovanny

17th July, 2021

Jumlah node Bitcoin telah mencapai tonggak tertinggi sepanjang masa dengan hampir setengah dari node berjalan di Tor. Jumlah node jaringan Bitcoin yang dapat dijangkau telah melewati angka 13.000 untuk pertama kalinya.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Cointelegraph, tertinggi sepanjang masa sebelumnya adalah 11.613 yang dicapai pada bulan Januari.

Menurut data dari dasbor statistik jaringan Bitcoin Bitnodes.io, tonggak sejarah ini dicapai kembali pada 5 Juli ketika jumlah node yang dapat dijangkau mencapai 13.374. Pada saat penulisan, data Bitnodes menempatkan jumlah node jaringan saat ini sekitar 12.835.

Situs Pelacakan Lain Tunjukkan Hasil Serupa

Coin.Dance, situs web pelacakan lain, juga memiliki jumlah node Bitcoin pada level tertinggi baru sepanjang masa yaitu 12.825. Node yang menjalankan perangkat lunak Bitcoin Core membentuk 98,77% dari jumlah tersebut, dengan sisanya tersebar di implementasi yang kurang populer seperti Bitcore dan Bitcoin Knots.

Sumber: Bitnodes.io

Bitcoin Core 0.21.1 dirilis kembali pada bulan Mei dengan kode aktivasi Taproot, dan hampir 5.000 node (menurut Coin.Dance). Saat ini merupakan versi perangkat lunak yang paling banyak digunakan di antara entitas yang menjalankan node yang dapat dijangkau. Angka dari Bitnodes menempatkan angka 5.125, atau 40% dari total jumlah node jaringan.

Data Bitnodes juga menunjukkan hampir setengah dari jumlah node jaringan berjalan di Tor. Kembali pada bulan Januari, hanya sekitar seperempat dari semua node yang dapat dijangkau yang berjalan di jaringan tersembunyi Tor.

Menjalankan klien seperti Bitcoin Core menggunakan Tor memberikan lapisan privasi tambahan karena alamat IP dari node penghubung dikaburkan.

Menurut data Bitnodes, jumlah node jaringan telah meningkat sebesar 2.739 node pada tahun lalu, memperkuat etos desentralisasi Bitcoin.

Pertumbuhan jumlah node jaringan juga mirip dengan ekspansi yang saat ini terjadi di ekosistem Lightning Network di mana kapasitas telah naik lebih dari 70% dalam waktu kurang dari enam bulan.

Sebelumnya pada bulan Juli, kapasitas Lightning Network publik melampaui 1.800 Bitcoin (BTC) setelah menambahkan 100 BTC dalam waktu kurang dari seminggu.

Data dari pelacak statistik Lightning Network Bitcoin Visuals menempatkan jumlah node LN di atas 12.800, yang juga merupakan nilai tertinggi sepanjang masa.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency