Jaringan Layanan Blockchain Resmi Diluncurkan di Tiongkok

Wafa Hasnaghina

29th April, 2020

Dilansir dari situs resmi China.org.cn, pada Sabtu, 25 April 2020 kemarin Tiongkok secara resmi meluncurkan Jaringan Layanan Blockchain atau Blockchain-Based Service Network (BSN) dalam rangka usaha negara tersebut mempromosikan inovasi dalam bentuk ekonomi digital.

BSN ini dirancang sebagai jaringan infrastruktur publik global, yang bertujuan untuk secara konsisten mengurangi biaya aplikasi blockchain dalam pengembangan, penyebaran, operasi dan pemeliharaan, interoperabilitas serta regulasinya.

Menurut Liu Yunan, Kepala Informasi Negara Pusat (SIC), dengan uji beta yang sudah dimulai pada Oktober tahun lalu, jaringan ini sudah berada pada fungsi yang stabil dan menaikan peran secara aktif dalam pencegahan dan pengendalian pandemi Covid-19.

Liu juga mencatat jaringan ini telah mencakup sejumlah aplikasi inovatif, seperti amal, penelusuran barang, faktur elektronik, perlindungan hak cipta, dan manajemen rantai pasokan. 

Baca juga: Terungkap, Dompet Digital Bank Sentral China akan Segera Rilis?

Jaringan tersebut juga telah menyiapkan 128 nodes pada kota-kota publik, termasuk delapan nodes luar negeri dan termasuk penyedia layanan cloud utama, tambah Shan Zhiguang perwakilan SIC.

Selanjutnya, akan ada lebih banyak langkah yang diambil untuk meningkatkan inovasi teknologi dan optimalisasi kinerja BSN untuk meletakkan dasar yang kuat dalam pengembangan kota pintar dan ekonomi digital.

Sumber