Investor dan Pelaku di Bisnis Inggris Nilainya Masih Jatuh Akibat Bitcoin

Aulia Medina

2nd January, 2019

Ratusan pebisnis dan investor ritel masih menghitung biaya penurunan bitcoin sebesar 80 persen dari waktu ke waktu. Menurut laporan khusus dari Sky News, mereka telah mengungkapkan bahwa di samping portofolio investasi, harga bitcoin juga mengklaim beberapa hipotek, pinjaman, perkawinan, dan bahkan mungkin dana universitas untuk beberapa anak investor dalam beberapa kasus.

Sementara kerusakan yang ditimbulkan oleh jatuhnya harga bitcoin pada investor Asia dan Amerika didokumentasikan dengan baik, laporan baru memberitakan bahwa mereka memberikan wawasan untuk pertama kalinya ke tingkat kerusakan yang diderita oleh investor ritel Inggris yang mulai menginvestasikan jumlah uang yang semakin besar dalam bitcoin di tengah tahun 2017, yang memuncak dalam hiruk-pikuk bitcoin ke puncak $ 20.000 sebelum penarikan mendadak dan berkelanjutan.

British Opportunists Get ‘Rekt’

Menurut laporan tersebut, investasi bitcoin yang dilakukan oleh pembeli UK terpengaruh oleh strategi yang realistis atau dipikirkan dengan matang. Tetapi umumnya didorong oleh rasa takut kehilangan ketika bitcoin melejit hanya dalam beberapa bulan dari sebelumnya ketika nilainya turun dari $ 1.000 hingga lebih dari $ 10.000.

Baca Juga: Mengapa Bitcoin, Ethereum, dan Seluruh Market Crypto Nilainya Turun

Menurut catatan UK Companies House, setidaknya 340 perusahaan seperti itu dilikuidasi atau dibubarkan pada tahun 2018, dibandingkan dengan pada tahun 2017 yaitu sekitar 139 perusahaan. Dari jumlah ini, lebih dari 200 hanya terdaftar pada tahun 2017, yang berarti bahwa 58 persen dari perusahaan terkait blockchain terdaftar di Inggris pada puncak bitcoin tidak selamat dari masa sulit tersebut. Menurut Sky News, tentang situasi dilapangan selama periode tersebut, beberapa pengusaha cryptocurrency dan blockchain Hugh Halford-Thompson berkata:

“Ada banyak orang yang datang, dan saya pikir untuk pertama kalinya saya merasa ada sejumlah besar orang yang benar-benar tidak mengerti apa yang mereka hadapi juga. Ada beberapa orang yang bertanya kepada saya dengan sungguh-sungguh koin mana yang akan dimasukkan ke dalam dana universitas anak-anak mereka. Saya tidak meresponnya, tetapi saya berharap mereka tidak melakukannya. Untuk pertama kalinya banyak orang yang tidak memahami mengenai investasi tersebut. Bisa menghasilkan atau kehilangan uang dengan cara yang cukup cepat dan dengan jumlah yang cukup besar. Jauh lebih buruk ketika itu adalah masyarakat umum yang terlibat.”

Mencapai akhir tahun dapat diprediksi pada pergantian tahun ketika bitcoin tiba-tiba mulai meingkat nilainya, berkurang setengahnya pada bulan Maret dan akhirnya menjadi $3.000 pada awal Desember. Setelah satu tahun menghabiskan sebagian besar berkisar antara $5.000 dan $7.000. Pada bulan Juni, rata-rata satu perusahaan yang terkait dengan blockchain dibubarkan setiap hari, dengan 60 persen dari 340 perusahaan yang dibubarkan akan gulung tikar di paruh kedua tahun ini.

Akibatnya, untuk pertama kalinya, jumlah perusahaan seperti itu dibubarkan tumbuh lebih cepat daripada jumlah yang terdaftar. Mungkin yang paling tragis adalah kisah-kisah investor ritel perorangan yang melakukan remort-gaged rumah mereka atau mengambil pinjaman pribadi untuk berinvestasi dalam bitcoin – kadang-kadang bahkan tanpa berkonsultasi dengan keluarga atau pasangan mereka – yang menyebabkan keuangan pribadi yang hancur dan hubungan yang rusak setelah kecelakaan itu.

Namun, dengan cara oportunis sejati, banyak bisnis yang didirikan untuk memanfaatkan bitcoin mania telah berubah menjadi iterasi baru. Menurut Sky News, setidaknya 50 dari perusahaan yang menghindari pembubaran kini telah mengubah nama mereka untuk menghilangkan semua referensi untuk cryptocurrency atau teknologi blockchain.