Mengapa Bitcoin, Ethereum, dan Seluruh Market Crypto Nilainya Turun

By Aulia Medina     Saturday, December 29 2018

Andrew Romans mengungkapkan, “Dari sudut pandang saya, investor pada tahun 2017 lalu- dan khususnya pada Q4 – ingin membeli Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) dengan satu tujuan yaitu menukarnya dengan token ICO spesifik yang ingin mereka investasikan.” Tuturnya. Pembeli Bitcoin dan Ethereum tidak ingin memiliki Bitcoin atau Ethereum. Mereka ingin membeli token yang menawarkan (ICO) yang baru dikeluarkan, tetapi mereka perlu membeli Bitcoin dan Ethereum sebagai syarat untuk bisa mendapatkan apa yang akhirnya mereka inginkan. Pemilik Bitcoin dan Ethereum tidak ingin menjual itu. Mereka mengamati harga kepemilikan mereka meningkat, jadi mengapa mereka melakukannya?.

Pada akhirnya, kemudian perusahaan-perusahaan startup yang menyelesaikan ICO mereka, memulai sebagai sebuah kelompok – untuk membongkar token mereka pada bulan Desember dan Januari, dengan demikian membalikkan dinamika permintaan Bitcoin dan Ethereum kepada semua penjual Bitcoin dan Ethereum. Setelah hangover Tahun Baru memudar, para startup perlu menukar crypto mereka dengan fiat untuk membayar para engineer  dan mulai membangun startup mereka.

ICO TOKEN

Tekanan dari regulator Amerika Serikat pada Q3 dan Q4 2017 menghasilkan pelambatan dan hampir total penghentian ICO pada awal 2018. Setelah itu, ICO berhenti atau melambat. Penerbit token baru mulai menerima fiat tanpa harus melewati Ethereum. Suatu dinamika yang menarik dari pasar saat ini adalah bahwa harga semua cryptocurrency sangat berkorelasi satu sama lain. Lihat saja harga token di CoinMarketCap, kalian akan melihat korelasi sempurna di antara harga sebagian besar dari mereka. Bitcoin dan Ethereum naik dan turun bersamaan, dan sebagian besar token lainnya berkorelasi dengan cara yang sama. Seharusnya tidak seperti itu, tetapi tanpa bank menganalisis dan melaporkan startup ini – seperti yang mereka lakukan untuk Apple, Amazon, Microsoft, dll. – begitulah adanya untuk saat ini.

Baca Juga: Tingkat Kesulitan Bitcoin Mining Turun 7%

Jadi, Bitcoin dapat menaikkan atau menurunkan harga token Anda. Apa yang akan terjadi adalah bahwa semua startup yang lemah ini pada akhirnya akan dihapus. Saat ini, investor ritel konsumen di Asia Tenggara dan di seluruh dunia tidak lagi berjudi dan melempar uang tunai ke ICO terbaru. Dulu sekitar 20 persen institusi ( VC) investor dan 80 persen ritel. Kedepannya kita mungkin akan melihat beberapa video game menjadi hype besar – seperti Angry Birds – atau sesuatu yang akan mendorong adopsi token ataupun aplikasi sosial media Skype. Semua data bisnis, pemerintah dan perawatan kesehatan harus ada di blockchain – dan segera, membuat perjanjian bisnis dan saling mempercayai pihak satu sama lain. Setelah transaksi atau pemilihan bisnis ini berada di blockchain dan maka tidak ada yang dapat merusak data tersebut, semua pihak dapat saling mempercayai. Andrew Romans sendiri adalah seorang  pemodal ventura berbasis di Silicon Valley di 7BC.VC dan Rubicon Venture Capital serta penulis dua buku top-10 tentang Modal Ventura di Amazon dan Masters of Blockchain.