Berita Mining · 7 min read

Cina Kehilangan Dominasi Atas Industri Mining Bitcoin

Cina kehilangan dominasinya atas industri pertambangan atau mining Bitcoin, menurut analisis yang diterbitkan oleh perusahaan analisis crypto TokenInsight.

Token Insight mengutip data dari Pusat Keuangan Alternatif Cambridge University. Telah memperkirakan bahwa keseluruhan penggunaan listrik penambang Bitcoin yang berasal dari China telah turun dari 75,63% pada September 2019 menjadi 65,08% pada akhir April.

Dilansir dari Decrypt, estimasi Cambridge memberikan indikasi kasar tingkat hash yang dihasilkan oleh China. Tingkat hash adalah kekuatan komputasi keseluruhan yang mengamankan blockchain Bitcoin

Dalam kerangka waktu yang sama, data Cambridge menunjukkan bahwa konsumsi listrik dari penambang Bitcoin di AS telah meningkat dari 4,06% menjadi 7,24%. Penambangan bitcoin di Kazakhstan juga tampaknya telah booming kembali pada bulan September. Industri pertambangan Kazakhstan menyumbang 1,42% dari tingkat hash pada 7 Mei, itu menyumbang 6,17% dari tingkat hash.

Baca juga: CEO Rekeningku: Halving Bitcoin Bisa Buat Miners Kecil Hentikan Operasionalnya

Industri Mining Bitcoin di Cina Turun

Johnson Xu, kepala analis di TokenInsight  mengatakan bahwa dominasi China atas industri pertambangan Bitcoin akan terus turun. Karena fluktuasi harga dan Bitcoin telah mengalami halving proporsi miners atau penambang yang lebih besar di Tiongkok menutup rig mereka dibandingkan dengan seluruh dunia.

Xu menjelaskan bahwa halving Bitcoin mempersulit industri pertambangan Cina.

 “Tiongkok memiliki cukup banyak mesin generasi tua karena ada insentif terbatas bagi penambang untuk beralih ke generasi terbaru,” katanya

Namun Xu menjelaskan jika miners meninggalkan Cina untuk mendirikan mining farm di tempat lain. Karena lanskap pertambangan di Cina kurang terstruktur dan membatasai peluang untuk mengakses modal.

Ethan Vera, operator mining pool di North American Luxor Mining Pool, mengatakan kepada Decrypt. Bulan lalu para penambang Tiongkok umumnya lebih banyak menggunakan leverage daripada Amerika Utara. Listrik termurah di dunia tidak akan membuat perbedaan jika pendapatan mereka digunakan untuk membayar hutang.

Cina mulai menerima penambangan crypto sebagai sebuah industr,  pemerintah telah mengeluarkannya dari daftar industri yang harus dijauhi, dan, pada bulan April, Sichuan mendaftarkan beberapa tambang yang akan mendapat manfaat dari tenaga listrik tenaga air.

Tetapi sementara pemerintah Cina ragu-ragu pada cryptocurrency, Xu mengatakan bahwa kerangka kerja hukum terstruktur dan progresi  dari negara lain, bisa meningkatkan kesadaran akan Bitcoin dan cryptocurrency di luar Cina pada tingkat nasional membuat negara tersebut kurang menarik bagi penambang Bitcoin .

Setelah halving Bitcoin tingkat hash keseluruhan runtuh. Sejak bangkit kembali, dan itu lebih dari sekadar koreksi pasar dan menurut Xu ini ada hubungannya dengan cuaca di Tiongkok.

Cuaca di Tiongkok

Di waktu ini musim hujan dimulai di provinsi Sichuan, yang berarti bahwa penambang Bitcoin menutup pertanian di provinsi Xinjiang yang dingin dan naik ke Sichuan, yang memiliki tenaga listrik tenaga air yang murah.

 “Lebih banyak penambang diberi insentif untuk menyalakan mesin LAMA karena mereka dapat membuat margin yang wajar,” kata Xu.

Tetapi Xu tidak berpikir bahwa industri pertambangan Bitcoin Cina  kembali ke jalur kemenangan. Begitu hujan mengering dan listrik menjadi lebih mahal lagi, industri pertambangan Cina harus berjuang mengatasi masalah yang lebih dalam.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.