Berita Regulasi · 8 min read

IMF Jajaki Risiko Terkait Bitcoin dengan El Salvador

Obligasi Bitcoin El Salvador

Dana Moneter Internasional (IMF) di El Salvador telah merilis pernyataan yang difokuskan pada dukungan pertumbuhan jangka menengah negara tersebut, termasuk kebijakan untuk mengurangi risiko yang terkait dengan Bitcoin.

Pada hari Selasa (6/8), IMF menyatakan bahwa mereka telah membuat rencana untuk memperkuat cadangan keuangan El Salvador secara bertahap dan mengurangi ketergantungan pada pembiayaan domestik dengan dukungan potensial.

IMF juga telah membahas kebijakan dengan pemerintah El Salvador untuk menstabilkan utang publik, termasuk pengelolaan Bitcoin sebagai alat pembayaran sah di negara tersebut. Saat ini, El Salvador memiliki sekitar 5.750 BTC (senilai sekitar US$328,6 juta).

“Meskipun banyak risiko Bitcoin belum terjadi, ada kesepakatan bahwa diperlukan usaha lebih untuk meningkatkan transparansi dan mengurangi risiko stabilitas fiskal dan keuangan dari proyek Bitcoin. Diskusi lebih lanjut dalam hal ini masih diperlukan,” kata IMF.

Selain itu, ada rencana untuk memperkuat penyangga cadangan sistem keuangan akan mendukung kredit dan pertumbuhan sektor swasta, mengurangi ketergantungan pada pembiayaan domestik dengan potensi dukungan IMF dan bank pembangunan multilateral.

Reformasi struktural melibatkan strategi multi-tahun untuk meningkatkan tata kelola, transparansi, dan iklim investasi. Proposal legislatif untuk mengatasi korupsi, pencucian uang, dan kelemahan pengadaan sedang dipersiapkan dengan dukungan internasional. 

Baca juga: Ketua IMF Sebut Bitcoin Bukan Ancaman Dolar AS

El Salvador Miliki Bitcoin Sejak 2021

El Salvador menjadi sorotan pada September 2021 ketika menjadi negara pertama yang menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran sah. Sejak itu, negara ini membeli satu Bitcoin setiap hari.

Baca juga: Argentina Gandeng El Salvador Guna Tingkatkan Adopsi Bitcoin

Di bawah kepemimpinan Presiden Nayib Bukele, El Salvador mendapatkan pendapatan dari Bitcoin melalui berbagai inisiatif, termasuk program paspor dan kewarganegaraan, biaya konversi, dan penambangan.

Agar bisa menarik investasi asing, El Salvador juga menghapus pajak penghasilan untuk investasi internasional, yang mendukung ekonominya yang berbasis Bitcoin.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.