Berita Bitcoin · 8 min read

Imbas Harga Bitcoin Reli, Rp6 Triliun Posisi Futures Kripto Terlikuidasi

harga bitcoin reli

Harga Bitcoin (BTC) sempat menyentuh harga tertinggi di tahun ini, yakni US$57.250 pada 27 Februari 2024 pukul 09.00 WIB. Dalam 24 jam terakhir, BTC telah mengalami kenaikan hampir +9%, yang membuat pasar kripto futures mengalami likuidasi sebesar US$380 juta atau sekitar Rp6 triliun.

Rp6 Triliun Pasar Kripto Futures Terlikuidasi

Berdasarkan data dari Coinglass, tercatat jumlah likuidasi sebesar US$380 juta (Rp6 triliun) pada posisi futures dalam 24 jam terakhir. Dari semua posisi terlikuidasi, sebanyak 71,35% (US$271 juta) posisi SHORT terlikuidasi. Sementara 28,65% (US$109 juta) posisi LONG terlikuidasi.

Dilihat dari rasio posisi SHORT yang terlikuidasi lebih dari dua kali lipat posisi LONG, mengindikasikan bahwa mayoritas trader berharap adanya koreksi ketika BTC berhasil menembus area US$55.000 pada Senin kemarin (26/2/24). Akan tetapi, respons market berkata sebaliknya dan BTC justru mengalami kenaikan ke level harga US$57.000

Gambar: Peta likuidasi posisi futures kripto. Sumber: Coinglass

Berdasarkan pasang perdagangan, posisi BTC memakan banyak korban dengan jumlah likuidasi mencapai US$190,2 juta dalam 24 jam terakhir. Di tempat kedua ada ETH dengan jumlah likuidasi sebesar US$67,97 juta.

Baca juga: 7 Fakta Bitcoin dari Sudut Pandang Satoshi Nakamoto

Analisa Harga Bitcoin

Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan +8,74% dalam 24 jam terakhir dan naik +7,64% dalam sepekan terakhir. Persentase kenaikan yang mirip antar kedua periode waktu ini menjelaskan bahwa harga BTC naik secara tiba-tiba dalam sehari, sementara pergerakan sideways enam hari sebelumnya.

bitcoin
Gambar: Persentase perubahan harga BTC. Sumber: Coinmarketcap

Dari grafik harga BTC, terlihat bahwa indikator RSI telah menyentuh angka 82 yang menandakan Bitcoin mengalami tingkat pembelian yang ekstrim (overbought). Selain itu, grafik harga dan RSI membentuk RSI divergence dimana indikator RSI menurun tetapi harga justru naik. RSI divergence tipe ini umumnya memicu koreksi harga dalam waktu dekat.

bitcoin
Gambar: Grafik harga BTC.

Namun mengingat bahwa tren harga Bitcoin yang sedang naik, bukan tidak mungkin BTC akan membentuk harga tertinggi baru terlebih dulu sebelum koreksi. Harga US$58.500 adalah target selanjutnya jika tren bullish masih mendukung. Area harga US$51.000 – US$52.000 adalah area support ideal bagi BTC jika koreksi terjadi.

Baca juga: Harga Bitcoin ke US$57 Ribu, Level Tertinggi Sejak November 2021

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.