Berita

HTC Akan Segera Merilis Smartphone Berbasis Blockchain!

single-image

HTC mengungkapkan smartphone berteknologi blockchain yang pertama, HTC Exodus, akan dirilis pada 23 Oktober. Informasi ini muncul pada akun Instagram HTC Exodus yang baru dibuat, yang memposting teaser HTC Exodus dan pengumuman event untuk model baru ini.

HTC Exodus, pertama diumumkan pada bulan Mei tahun ini, pada dasarnya adalah telepon crypto yang berfungsi sebagai ‘hardware wallet’ untuk cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum. HTC menyusun rencana untuk membuat ponsel blockchain di mana pengguna Exodus bisa trading cryptocurrency antar sesamanya. Pengguna juga bisa membeli ponsel tersebut menggunakan cryptocurrency. Software HTC Exodus dikabarkan berbasis Android dan diharapkan melingkupi protokol keamanan dan aplikasi enkripsi untuk keamanan transfer koin.

Phil Chen, pemimpin tim HTC Exodus, dalam interview dengan TechRadar mengatakan bahwa perusahaan telah membuat enclave aman yang disebut “trust zone” dalam hardware ARM pada model untuk menyelesaikan permasalahan keamanan. Didukung dengan standar baru sebagai pelaksana kepercayaan, enclave tersebut disebut akan mengamankan cryptocurrency. Chen mengatakan bahwa HTC Exodus akan hadir dengan sistem “Social Key Recovery” yang akan menghindarkan hacker dari akses pada wallet milik pengguna.

Baca juga artkel ini: Pundi X Luncurkan Smartphone Berbasis Blockchain

Terutama, wallet tersebut hanya bisa di-recover atau diakses dengan unique key. Pengguna akan diminta memasukkan unique key saat proses pengaturan ponsel pertama kali. Walau HTC Exodus akan hadir dengan dukungan keamanan dan cryptocurrency, Chen mengetahui bahwa ponsel ini membutuhkan input dari para pengamat cryptography dan komunitas cryptocurrency yang lebih luas. Selain beberapa fitur keamanan dan dukungan cryptocurrency, detil lain dari smartphone HTC Exodus belum dipublikasikan. Namun kabarnya, ponsel ini akan dihargai $1.000.

Bukan yang Pertama

Namun HTC bukan yang pertama di dunia yang merilis ponsel blockchain. Sirin Labs asal Swiss awal tahun ini merilis ponsel blockchain komersial pertama, Finney. Minggu lalu, Pundi X asal Singapura juga mengumumkan telah membuat OS berbasis blockchain dan protokol komunikasi untuk perangkat seluler. Ponsel ini akan dijalankan dalam Function X, sebuah ekosistem yang dibuat dengan teknologi blockchain. Ponsel juga memiliki aplikasi wallet D-app yang akan mendukung semua hal terkait cryptocurrency.

Sumber: Hindustan Times | Indian Express

You may also like