Hack dan Scam · 6 min read

Dalam Waktu 2 Jam, Skema Ponzi Crypto Hasilkan $100k!

skema ponzi crypto hasilkan $100k

Akun twitter FatmanTerra diketahui melakukan eksperimen skema ponzi, dalam skemanya itu ia mengatakan bahwa dia telah “menerima akses ke metode farmingnya BTC dengan basis perdagangan pribadi”, serta orang dapat mengirim pesan kepadanya jika mereka menginginkan peluang untuk farming hasil itu.

Sementara posting tersebut menerima banyak tanggapan negatif dari orang-orang yang menyebutnya sebagai scam, FatMan mengatakan dia masih berhasil mengumpulkan BTC dengan nilai lebih dari $100.000 senilai BTC dari posting awal di Twitter dan Discord dalam rentang waktu dua jam. Dari hasil tersebut  tercatat bahwa 3,45% token BTC berasal dari Twitter, dan 2 BTC berasal dari Discord.

Setelah uangnya terkumpul dia menjelaskan kepada pengikutnya bahwa ini dia sengaja menciptakan skema investasi palsu sebagai percobaan dan untuk memberi pelajaran kepada orang-orang tentang mengikuti saran investasi dari influencer secara serampangan.

Sekadar informasi, FatManTerra dikenal sebagai mantan pendukung Terra yang sekarang ini aktif berbicara menentang proyek dan pendiri Do Kwon setelah runtuhnya LUNA.

“Saya ingin mengirim pesan kepada semua orang di dunia tentang investasi cryptocurrency. Siapa pun yang menawarkan untuk memberikan uang secara gratis adalah bohong, itu tidak mungkin ada. Bahkan influencer favorit yang menawarkan pelatihan perdagangan uang dengan cepat atau menawarkan peluang investasi emas, faktanya itu menipu,” kata FatManTerra.

FatManTerra mengklaim sekarang telah mengembalikan semua uang dan menegaskan kembali bahwa “makan siang gratis tidak ada.”

Influencer Memanfaatkan Identitasnya Untuk Skema Ponzi

FatManTerra diketahui terinspirasi oleh Lady of Crypto, yang telah dituduh melakukan shilling skema investasi yang dipertanyakan kepada 257.000 pengikutnya. 

Dikenal sebagai seorang influencer kripto yang meluncurkan programnya bernama “Funded Crypto Trader (FCT)”. Dengan menawarkan pengikutnya untuk mengelola modalnya dan mengambil 80% dari keuntungan tersebut. 

Namun, untuk bergabung dengan FCT, pengguna harus “membayar sedikit biaya dan mengikuti tes trading.” Biayanya berkisar dari $149 hingga $549 dan tidak dapat dikembalikan jika gagal dalam ujian. 

Melalui uji coba ini FatManTerra ingin menyadarkan masyarakat, pentingnya lebih berhati-hati agar korban scam tidak terus bertambah. 

Meskipun itu saran dari influencer yang mempromosikan token yang menjanjikan. Lebih baik untuk tidak masuk ke sebuah aset sembarangan dan mengeluarkan modal terlalu besar.

Baca juga: Pendiri Metamask Sebut Banyak Proyek Ponzi di Crypto

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.