Menilik Harga Fan Token Selama Piala Dunia 2022

Ary Palguna

7th December, 2022

Semenjak Piala Dunia 2022 berlangsung, harga fan token timnas sepak bola mengalami volatilitas yang tinggi. Salah satu pergerakan paling signifikan adalah harga fan token timnas Spanyol, SNFT yang mengalami penurunan -63% setelah tersingkir dari ajang Piala Dunia menghadapi timnas Maroko.

Berikut adalah performa harga fan token timnas lainnya berhubungan dengan hasil pertandingan yang diraih.

Baca juga: Spanyol Pesta Gol Lawan Kosta Rika! Fan Token SNFT Naik 46%

Harga Fan Token Menurun

Fan token Timnas yang mengikuti Piala Dunia 2022
Fan token Timnas yang mengikuti Piala Dunia 2022

Meski timnas Brasil memenangkan tiga dari empat pertandingan yang sudah dimainkan, ternyata harga fan token BFT mengalami penurunan -81,8% dari $1,07 ke $0,20 semenjak Piala Dunia bergulir.

fan token
Gambar: Grafik harga BFT

Tim lainnya, Argentina yang juga memenangkan tiga dari empat pertandingan pun harga tokennya ARG mengalami penurunan. Harga ARG mengalami penurunan -71,9% dari $9,14 ke $2,58.

Gambar: Grafik harga ARG

Portugal juga memenangkan tiga dari empat pertandingan dengan fan token POR yang juga mengalami penurunan -69,9% dari $7,36 ke $2,22.

Gambar: Grafik harga POR

Terakhir adalah fan token Spanyol, SNFT yang mengalami penurunan paling besar selama pergelaran Piala Dunia yakni sebesar -90,4% dari $0,538 ke $0,052.

Gambar: Grafik harga SNFT

Apa yang Bisa Dipahami dari Harga Fan Token Saat Piala Dunia?

Jika diperhatikan, ketika timnas mengalami kemenangan fan token memang mengalami kenaikan namun hanya bersifat sementara dan selanjutnya diikuti oleh penurunan.

Bisa dikatakan, fan token dijadikan momen untuk memperoleh keuntungan cepat dengan melihat hasil pertandingan dari timnas yang bersangkutan. Contohnya dapat dilihat dari beberapa pertukaran menyediakan exchange trade funds (ETF) dengan leverage untuk posisi LONG dan SHORT. Jadi trader dapat memasang posisi LONG dan SHORT tanpa melakukan perdagangan futures tanpa kemungkinan terlikuidasi.

Gambar: ETF untuk token SNFT

Bisa dilihat, trader dengan posisi ETF untuk token SNFT dengan leverage 3x mengalami keuntungan +136% akibat penurunan harga SNFT yang signifikan.

Baca juga: Top Fan Token di Piala Dunia FIFA 2022

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.