Berita Altcoins · 6 min read

Harga ETH di Atas $2.000, Diprediksi Masih Naik Lagi?

harga ETH $2.000

Euforia The Merge Ethereum membuat harga ETH alami kenaikan dan berhasil membuatnya beradi level $2.000. Saat artikel ini ditulis harga ETH berada di angka $2.006 setara dengab Rp29 juta.

Kenaikan harga aset kripto tersebut merupakan salah satu kenaikan tertinggi yang diraih sejak tren negatif di Mei 2022.  Performa aset kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar ini juga berhasil mengungguli Bitcoin. 

Data dari Cointelegraph Markets Pro dan TradingView mengonfirmasi bahwa ETH/BTC telah melewati resistensi utama untuk melewati 0,08 BTC pada 13 Agustus 2022.

Langkah ini cukup mengesankan untuk ETH karena telah berhasil melewati area di sekitar $0,075 yang mewakili zona jual yang menahan kenaikan aset sejak Januari 2022. 

Melihat performa ETH ini, erusahaan analitik on-chain Glassnode mengamati keinginan di antara investor untuk meningkatkan eksposur ke aset ciptaan Vitalik Buterin ini. 

“Menurut Sinyal Siklus Altcoin Swissblock,  investor melakukan divestasi ke altcoin di lingkungan berisiko lebih rendah, sejak The Merge ethereum menjadi lebih jelas, ethereum telah mengungguli bitcoin, mendorong altcoin lebih tinggi,” kata co-founder Yann Allemann dan Jan Happel menulis dalam edisi terbaru buletin “Uncharted” mereka.

Kapitalisasi pasar Altcoin Grafik  1 hari. Sumber: TradingView
Kapitalisasi pasar Altcoin Grafik 1 hari. Sumber: TradingView

Kapitalisasi pasar altcoin keseluruhan juga mencapai tertinggi sejak akhir Mei 2022, melewati $700 miliar, menurut angka dari TradingView dan CoinMarketCap.

Baca juga: Apa Itu Ethereum 2.0? Pahami ETH 2.0 Dalam 3 Menit!

Prediksi Harga ETH Selanjutnya

Beralih ke target harga potensial untuk Ethereum, para trader tetap waspada meski melihat peningkatan harga ETH yang sejauh ini terus positif di tengah kondisi bear market. Analis crypto populer Crypto Chase turut memprediksi jika ETH bisa naik hingga $2.2200 selama harga tetap di atas $1.737. 

Sedangkan analis dengan akun Karoush AK memprediksi jika breakout $2.000 ditembus maka target selanjutnya ada di sekitar $2.400 

Sementara itu, perusahaan perdagangan QCP Capital menggemakan perlunya pendekatan hati-hati untuk keuntungan lebih lanjut di pasar altcoin yang sedang berkembang. Yang menarik di bear market saat ini menurut  staff QCP Capital dilansir dari Cointelegraph adalah minat terbuka (OI) di pasar derivatif, dengan ETH melampaui aktivitas BTC hampir dua kali lipat.

“ETHBTC telah menembus di atas level 0,08 dan opsi ETH Open Interest (OI) berada pada level tertinggi sepanjang masa sebesar $8 miliar, membayangi opsi BTC OI sebesar $5 miliar. Ini belum pernah terjadi sebelumnya,” tulisnya.

Perkembangan The Merge Ethereum

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya penyebab kenaikan ETH adalah The Merge.. Sementara itu, ETH telah menyelesaikan  testnet Goerli menyelesaikan transisinya ke mekanisme penambangan bukti kepemilikan, gladi bersih terakhir setelah testnet Sepolia dan Ropsten sebelum penggabungan mainnet yang sekarang diharapkan pada 15 atau 16 September.

Testnet adalah versi pengembangan Ethereum yang memungkinkan pengembang bereksperimen sebelum pembaruan resmi diluncurkan. Pergeseran mainnet Ethereum dari mekanisme proof-of-work (PoW) yang intensif energi ke algoritma konsensus proof-of-stake (PoS) diprediksi akan meningkatkan efisiensi jaringan secara keseluruhan dan mengurangi konsumsi energi hingga 99%.

Peningkatan ini juga diharapkan dapat menurunkan biaya transaksi Ethereum yang tinggi, meskipun ada beberapa yang meragukan bahwa Ethereum bisa memberikan perubahan yang signifikan setelah The Merge selesai.

Baca juga: CEO Ethereum Sebut 4 Tahap Ini Setelah The Merge Selesai

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.