Harga Crypto Mulai Naik, Waspada Gocekan Whales

Naufal Muhammad

8th July, 2022

Harga crypto terlihat mulai bergerak lagi dengan adanya apresiasi yang dipimpin oleh Bitcoin dan Ethereum. 

Bitcoin (BTC) terlihat mengalami apresiasi lebih dari 6% hanya dalam satu hari bersama Ethereum (ETH) yang naik sekitar 8%.   

Mengapa kenaikan harga ini terjadi secara mendadak? Berikut analisisnya.

Penyebab Kenaikan Harga Crypto

Pergerakan ini disinyalir karena korelasi positif antara pasar saham Amerika dan crypto yang kuat. 

Terlihat bahwa indeks saham Amerika mengalami apresiasi dalam satu hari terakhir dengan Nasdaq, S&P 500 dan Dow Jones yang mengalami apresiasi secara bersamaan. 

Harga Crypto Mulai Naik, Waspada Gocekan Whales
Pergerakan Bitcoin, Indeks Nasdaq, Indeks S&P 500, dan Indeks Dow Jones

Dari grafik di atas, terlihat bahwa Bitcoin mengalami apresiasi sekitar 6,75% saat artikel ini ditulis dengan indeks Dow Jones yang naik 0,56%, indeks Nasdaq naik 0,87%, dan S&P 500 naik 0,57%. 

Apresiasi harga ini juga dipicu oleh publikasi data ketenagakerjaan dari Amerika pada 7 Juli 2022 dan rapat dari Bank Sentral Amerika. 

Harga Crypto Mulai Naik, Waspada Gocekan Whales
Publikasi Data Klaim Pengangguran

Publikasi data Initial Jobless Claim adalah data masyarakat yang mengajukan dana bantuan karena sedang menganggur.

Data tersebut bergerak naik dari bulan lalu dan tercatat lebih tinggi dari perkiraan mayoritas ekonom. 

Sehingga, kondisi tersebut dapat membuat sentimen positif untuk aset berisiko, karena dengan peningkatan jumlah pengangguran ini, artinya terdapat kemungkinan Bank Sentral Amerika akan berusaha mengurangi kecepatan peningkatan suku bunga acuan. 

Baca juga: Jerome Powell Prediksi Suku Bunga Acuan Maret 2022, Ancaman untuk Crypto?

Pengurangan kecepatan kenaikan suku bunga acuan dilakukan untuk mengakomodir penambahan peredaran uang demi mengurus pengangguran.

Jadi dengan kemungkinan berkurangnya kecepatan peningkatan suku bunga acuan, aset berisiko punya ruang untuk bergerak secara positif.

Ini berarti nilai Dolar Amerika akan melemah sesaat sebab jumlah beredarnya tidak dikurangi secara drastis. 

Kesimpulannya, kemungkinan besar potensi angka inflasi yang akan kembali naik karena dana bantuan pengangguran akan menjadi sentimen negatif untuk Dolar Amerika dan sentimen positif untuk crypto dalam jangka pendek.

Melihat korelasi negatif antara Dolar Amerika dan aset berisiko seperti saham dan crypto, kemungkinan besar ini menjadi salah satu narasi mengapa saat ini pasar crypto mulai bergerak naik. 

Pandangan Analis Ternama

Beberapa analis crypto juga menyatakan bahwa apresiasi ini sudah diperkirakan karena sudah banyaknya sentimen negatif yang terjadi sehingga mendorong harga crypto ke daerah dasar harga terendah untuk saat ini. 

Dan Held, salah satu analis ternama dan perwakilan dari bursa crypto Kraken menyatakan bahwa dengan banyaknya sentimen negatif yang telah terjadi seperti kebangkrutan dan banyaknya gagal bayar, serta kekhawatiran inflasi yang mulai turun, ada kemungkinan crypto sudah menyentuh harga terendahnya dan bersiap untuk mulai naik. 

Jadi untuk saat ini kemungkinan besar sentimen pasar crypto masih terlihat positif untuk investor ritel.  

Waspada Gocekan Whales

Walau diprediksi akan bergerak naik, investor tetap perlu waspada. Terdapat dua publikasi data yang dapat mempengaruhi pergerakan pasar crypto pada malam ini. 

Publikasi data ini adalah Non Farm Payroll atau NFP yaitu data publikasi gaji sektor tenaga kerja non pertanian dan data tingkat pengangguran. 

Kedua publikasi data ini umumnya memberi volatilitas tinggi untuk Dolar Amerika, yang sering kali membuat investor besar memilih untuk melikuidasi posisinya terlebih dahulu terutama di aset berisiko. 

Diprediksi bahwa data NFP akan turun yang biasanya berdampak negatif pada Dolar Amerika dan berdampak positif pada crypto dalam kondisi normal. 

Namun mengingat saat ini sedang terjadi krisis, asumsi tersebut menjadi berbeda karena kemampuan untuk investasi bergerak turun yang membuat dampak negatif untuk aset berisiko seperti crypto. 

Asumsi teori yang sama juga berlaku pada tingkat pengangguran, sehingga melihat ketidakpastian ini, kemungkinan besar whale dan beberapa investor serta trader ritel akan menjual kepemilikan aset berisikonya untuk menghindari volatilitas dan kerugian tinggi. 

Harga Crypto Mulai Naik, Waspada Gocekan Whales
Publikasi Data Pengangguran dan NFP

Akibat adanya publikasi data ini, investor dan trader diharapkan untuk waspada terhadap potensi volatilitas tinggi yang umumnya menyebabkan kerugian. 

Baca juga: 4 Tips Hadapi Volatilitas Bitcoin Dan Crypto Yang Tinggi

Publikasi ini dikabarkan akan terjadi pada 19.30 WIB hari ini, 8 Juli 2022. Melihat umumnya dalam kondisi konsolidasi seperti saat ini wajar jika harga turun drastis setelah mengalami apresiasi dadakan, kemungkinan pergerakan turun ini menjadi semakin kuat.

Harga Crypto Mulai Naik, Waspada Gocekan Whales
Grafik Harian BTCUSD

Jika mengacu pada Bitcoin, terlihat bahwa dari grafik hariannya, terdapat potensi koreksi kembali untuk melanjutkan pergerakan konsolidasi secara garis besar. 

Kemungkinan akan terbentuk pola double top bersama dengan bearish divergence dengan indikator RSI jika harga Bitcoin naik hingga sore hari ini. 

Apa bila kembali naik, kemungkinan besar malam hari akan disambut dengan koreksi kembali ke batas bawah kuat saat ini yaitu di sekitar $20,000 dan membawa mayoritas crypto untuk turun. 

Namun semua masih bersifat tidak pasti dan bergantung pada publikasi data serta pernyataan yang disampaikan dalam publikasi tersebut. 

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.