Berita Bitcoin · 5 min read

Harga BTC Lanjutkan Reli, Minat Short di Pasar Futures Tetap Tinggi

Harga Bitcoin Naik Maret 2023

Harga Bitcoin masih lanjutkan kenaikan dan telah menyentuh level US$29.222. Reli aset kripto nomor satu itu mencatatkan pertumbuhan 6,47% dalam 24 jam terakhir.

Penurunan saham First Republic Bank hingga 50% pada Selasa (25/4) diduga kuat menjadi pemicunya. Indeks dolar terhadap mata uang global utama lainnya, DXY, turun 0,31% yang menunjukkan goyahnya kepercayaan pada sistem perbankan AS.

Indeks Saham Melorot

Pergerakan positif Bitcoin ini terjadi setelah penurunan indeks pasar saham teratas, S&P 500 dan Nasdaq 100. Kedua indeks tersebut turun drastis pada hari Selasa, membukukan kerugian masing-masing 1,58% dan 1,01%.

Baca juga: Harga Bitcoin Rebound Setelah Saham First Republic Bank Anjlok 

Indikator koefisien korelasi menunjukkan bahwa korelasi Bitcoin dengan pasar saham telah turun sejak awal April, sementara korelasinya dengan emas semakin kuat. Emas membukukan kenaikan positif dengan kenaikan 0,75% pada hari Rabu.

Koefisien korelasi Bitcoin dengan pasar saham (atas) dan emas (bawah). Sumber: TradingView

Minat Posisi Short Masih Tinggi

Mengamati pergerakan harga Bitcoin yang sedang berlangsung, platform analisis pasar kripto, Decentrader, melihat bahwa kondisi pasar nampaknya belum terlalu kuat untuk terus alami kenaikan, sebab potensi trader untuk melakukan short posisi di pasar kontrak berjangka masih tinggi. 

“Kami mengalami peningkatan open interest dan funding rate yang menurun yang menunjukkan bahwa banyak orang akan melakukan shorting,” katanya kepada pengikut Twitternya dalam cuitan terbaru. 

Trader kripto populer, Crypto Tony termasuk di antara yang skeptis, ia mengungkapkan dan target sekitar US$28.900 untuk posisi short.  

Kendati masih memiliki potensi penurunan, ada kemungkinan terjadi short squeezing, situasi ketika sejumlah besar trader mengambil posisi short pada suatu aset, dan harga aset mulai naik. 

Hal tersebut akan memicu trader untuk memperkuat posisi mereka dengan membeli lebih banyak aset, yang pada akhirnya mendukung kenaikan harga aset.

Decentrader menambahkan, data dari Coinglass sementara ini menunjukkan tidak ada peristiwa likuidasi ekstrem pada hari ini.

Disclaimer

Artikel ini hanya informasi dan edukasi, bukan saran investasi atau perdagangan aset kripto. Seluruh keputusan jual beli aset kripto ada di tangan pembaca dengan mengetahui segala risiko dan keuntungan yang ada.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.