Berita Bitcoin · 7 min read

Harga Bitcoin Naik ke $20.000! $800 Juta Dilikuidasi

Harga Bitcoin Naik

Meski pergerakan harga Bitcoin (BTC) beberapa hari terakhir dinilai lebih stabil dengan volatilitas yang lebih rendah, dalam 24 jam terakhir crypto futures senilai lebih dari $800 juta dilikuidasi karena Bitcoin menembus level $20.000.

Menurut data CoinMarketCap, BTC mengalami kenaikan 5% selama 24 jam terakhir dengan harga diperdagangkan sekitar $20.275 pukul 10.35 WIB, sehingga memompa likuidasi lebih dari 100.000 trader, dilansir dari Beincrypto, Rabu (26/10/22). 

Sementara, data dari Coinglass di bawah ini menampilkan rincian di seluruh industri kripto.

Total likuidasi di seluruh pasar kripto. Sumber: Coinglass.

Likuidasi ini menandai tertinggi tiga bulan terakhir, seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini. Tingkat likuidasi tertinggi pada 19 Agustus, ketika $562 juta dilikuidasi. Namun, ada yang lebih tinggi dari itu, karena total likuidasi selama 24 jam pada 25 Oktober berjumlah sekitar $800 juta.

Total likuidasi BTC. Sumber: Coinglass.

Baca Juga: Whale Misterius Akumulasi $117,000,000 dalam Bitcoin

Total Kapitalisasi Pasar Kripto 

Pada jangka waktu empat jam, total kapitalisasi pasar kripto membentuk inverse head dan shoulder. Sehingga menembus garis neckline di 901,6 miliar dan melonjak menjadi 944 miliar. Oleh sebab itu, mengapa tanda garis hampir mendekati satu triliun dolar akan menjadi resistensi psikologis yang sangat besar.

Sumber: TradingView

Reaksi Harga Bitcoin

Sementara, grafik BTC menunjukkan aksi harga yang serupa dengan grafik total kapitalisasi pasar kripto. Dalam jangka waktu 4 jam, grafik membentuk breakout dari inverse head dan shoulder dan volume selama breakout lebih dari tiga kali rata-rata dari 50 candle terakhir. Maka kemungkinan whale (paus) membeli dalam jumlah yang signifikan.

Sumber: TradingView

Selain itu, jangka waktu harian, BTC diperdagangkan secara signifikan di atas Simple Moving Average (SMA) 50 hari setelah hampir 45 hari. Harga telah berkonsolidasi dari $18.500 menjadi $20.300 selama lebih dari sebulan. 

Namun, Bitcoin membentuk potensi double bottom, penembusan di atas zona $20.300 dengan dukungan volume kemungkinan akan mengalami bullish.

Sumber: TradingView

Meski demikian, penutupan harian di atas $21.000 diperlukan untuk mempertahankan pompa karena ini adalah area resistensi yang solid. Rally harga mungkin saja melambat dengan resistensi dari SMA 100 hari dan SMA 20 minggu yang jatuh di area tersebut. Selanjutnya, pada penutupan candle harian di atas SMA dapat mendorong harga ke area $23.000.

Prediksi Harga Bitcoin

Sementara, pada indikator RSI dengan timeframe 1 jam menunjukkan bahwa kenaikan BTC di atas $20.000 pada dini hari 26 Oktober 2022 sudah pada area overbought sehingga kemungkinan adanya selling pressure yang kuat.

RSI dan Fibonacci Retracement BTC timeframe 1 jam. Sumber: TradingView

Dari analisa RSI dapat dilihat bahwa kenaikan BTC di atas $20.000 pada dini hari 26 Oktober 2022 sudah pada area overbought sehingga kemungkinan adanya selling pressure yang kuat.

Selanjutnya, berdasarkan Fibonacci Retracement, Bitcoin sudah mencapai level teratas dan kemungkinan adanya koreksi ke level harga $19.800. Namun, perlu diingat bahwa harga BTC tidak selalu menetap di $20.000 dan kemungkinan koreksi sangat kuat, sehingga level terendah koreksi terdekat saat ini berada di harga $19.100.

Baca Juga: Harga Bitcoin Mulai Mirip Bear Market 2018?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.