Berita Altcoins · 7 min read

Harga Bitcoin dan XRP Turun, Posisi Long Kena Likuidasi

Harga BTC dan XRP Gagal pertahankan momentum

Harga Bitcoin sempat menyentuh level US$31.700 pada Jumat (14/7). Melihat harga yang cenderung positif itu, trader banyak yang memasang posisi long di pasar berjangka dengan intensi harga akan terus naik.   

Namun, Bitcoin justru mengalami pembalikan harga dengan gagal menembus level US$32.000. Harga aset paling populer itu jatuh ke level US$30.000. BTC saat ini diperdagangkan di level US$30.300 turun 3% dalam 24 jam terakhir berdasarkan data dari Coinmarketcap.

Penurunan harga itu menyebabkan likuidasi sebesar 40 juta USD dengan posisi long mendominasi dalam 24 jam terakhir menurut data dari Coinglass.

Saat ini kapitalisasi pasar BTC bernilai US$588 miliar turun 2,89% dam periode waktu yang sama. Saat ini Harga BTC terpantau masih tertahan di level US$30.300 dengan pergerakan harga cenderung sideways. Dibutuhkan sentimen positif untuk membuat harga aset terpopuler ini melesat kembali. 

Baca juga: Inflasi AS Terendah Sejak 2021, Harga Bitcoin Masih Sideways!

XRP Turun Hampir 7% dalam 24 Jam

Harga XRP aset kripto asli Ripple yang memiliki tren positif pekan ini juga mengalami penurunan.

Harga XRP sebelumnya melesat naik usai hakim memutuskan bahwa aset kripto itu bukan sekuritas seperti yang dipermasalahkan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC). Harga aset meroket ke level tertingginya sejak Desember 2021 senilai US$0,96 pada 14 Juli 2023.

Baca juga: Hakim Putuskan XRP Bukan Sekuritas, Ini Fakta Pentingnya!

Tren naik itu tak berlangsung lama karena harga aset itu harus turun sebesar 6.98% dalam 24 jam terakhir. XRP kini diperdagangkan di level US$0.7. Penurunan harga tersebut menyebabkan US$17,3 juta terlikuidasi dengan trader posisi long mendominasi. 

Kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan turun lebih dari US$30 miliar sejak kemarin menjadi US$1,220 triliun menurut Coinmarketcap.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.