Berita Altcoins · 8 min read

Harga Bitcoin dan Ethereum Menguat Jelang Laporan CPI AS

Bitcoin outflow

Harga Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan +5,5% dari US$68.530 ke kisaran harga US$72.300 dalam 24 jam terakhir, jelang laporan Consumer Price Index (CPI) AS pada hari ini (12/3/24) pukul 19.30 WIB.


Harga Bitcoin dan Ethereum Menguat

Tak hanya Bitcoin, altcoin terbesar yakni Ethereum (ETH) juga mengalami kenaikan sebesar +5,7% dan menembus level harga US$4.000. Secara keseluruhan, pasar kripto mengalami penguatan dalam 24 jam terakhir dengan kenaikan kapitalisasi pasar sebesar US$144,6 miliar.

Pekan ini terdapat peristiwa makroekonomi yang kemungkinan memberi dampak volatilitas harga pada pasar kripto, yaitu laporan CPI AS pada Selasa (12/3/24). Berdasarkan para pengamat ekonom, mereka memprediksi tidak ada perubahan tingkat inflasi dari angka sebelumnya, yakni 3,1%.

cpi bitcoin
Gambar: Tingkat inflasi AS berdasarkan CPI. Sumber: Investing.com

Dengan inflasi yang tidak berkurang, hal ini membawa peluang besar bahwa The Fed tidak akan memangkas suku bunga pada pertemuan FOMC 20 Maret 2024 mendatang. Tingkat suku bunga AS saat ini adalah 5,50%.

Gambar: Peluang keputusan suku bunga AS. Sumber: CME FedWatch Tool

Berdasarkan data CME FedWatch Tool, terdapat peluang 97% bahwa The Fed tidak akan memangkas suku bunga. Sementara sisa 3% kemungkinan bahwa The Fed akan memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin.

Namun ini adalah hasil data sementara, dan data ini akan dipengaruhi oleh laporan CPI beberapa jam mendatang. Hasil CPI yang lebih rendah akan membawa sentimen positif bagi pasar kripto, sekaligus menambah peluang pemangkasan suku bunga AS.

Akan tetapi jika hasil CPI sesuai ekspektasi, atau bahkan lebih tinggi dari angka 3,1%, akan membawa koreksi harga sementara pada pasar kripto setelah mengalami reli harga dalam sepekan.

Baca juga: Harga Tertinggi Bitcoin Terbaru US$72 Ribu, Market Cap Salip Perak!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.