Berita Bitcoin · 7 min read

Harga Bitcoin Anjlok ke Level US$57 Ribu, Terendah Sejak Mei 2024

harga bitcoin

Harga Bitcoin (BTC) terus menunjukkan performa yang lesu dalam beberapa bulan terakhir. Pada 3 Juli, harga aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar ini merosot ke level US$57.000, yang merupakan level terendah sejak Mei lalu.

Berdasarkan data dari TradingView, harga BTC sempat mengalami penurunan lebih dari 3% di harga US$57.876 sebelum akhirnya mengalami pemulihan di level US$58.852 pada saat artikel ini ditulis.

Grafik harga Bitcoin selama tiga bulan terakhir. Sumber: TradingView

Penurunan harga Bitcoin ini diperparah dengan likuidasi besar-besaran sekitar US$67 juta, dengan US$55 juta dalam posisi long telah dilikuidasi, menurut data CoinGlass.

Baca juga: Harga Bitcoin Merosot ke Level US$60 Ribu, Ini Pemicunya!

Profitabilitas Pasar Tetap Kokoh

Menurut laporan dari Glassnode, penurunan harga Bitcoin di bawah level US$60.000 menunjukkan adanya rasa takut dan sentimen bearish yang nyata di kalangan investor. 

Namun, ketika dilihat dari perspektif rasio Nilai Pasar terhadap Nilai Realisasi (MVRV), profitabilitas agregat investor tampak tetap kokoh, dengan rata-rata Bitcoin masih mencatatkan keuntungan dua kali lipat. 

Rasio MVRV Bitcoin. Sumber: Glassnode

Menurut Glassnode, ini termasuk ke dalam level yang sering kali membedakan antara fase bull market  ‘Enthusiastic’ dan ‘Euphoric’.

Lebih lanjut, laporan tersebut mengungkapkan adanya pola yang berbeda dalam hal keuntungan dan kerugian di antara investor.

Rata-rata Bitcoin yang menghasilkan keuntungan memiliki keuntungan yang belum direalisasi senilai US$41.300, yang sebagian besar dipengaruhi dari koin-koin Bitcoin awal yang telah hilang atau berpindah tangan.

Sebaliknya, Bitcoin yang menghasilkan kerugian memiliki rata-rata kerugian yang belum direalisasi sebesar US$5.300, yang sebagian besar dimiliki oleh para investor jangka pendek.

Adapun harga Bitcoin telah terkonsolidasi dalam rentang yang jelas antara US$60.000 hingga US$70.000 sejak mencapai rekor tertinggi (ATH) pada Maret lalu. Terdapat sikap apatis serta kebosanan yang melanda investor, yang menyebabkan ketidakpastian pasar yang meluas sehingga pasar gagal membentuk tren yang kuat ke arah mana pun.

Saat ini, harga masih berada dalam fase bull market Enthusiastic’, setelah beberapa kali masuk ke zona ‘Euphoric’.

True-Market Mean Bitcoin. Sumber: Glassnode

Glassnode menyimpulkan bahwa level kunci atau True-Market Mean Bitcoin saat ini berada di US$50.000,  yang mewakili basis biaya rata-rata per investor aktif.

Baca juga: Bitcoin Reli Awal Tahun, Ini Temuan Menarik dari Glassnode!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.