Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Halving Bitcoin Cash Naik 11 Persen, Disusul BSV 19 Persen

Wafa Hasnaghina     Thursday, April 9 2020

Bitcoin Cash (BCH) menembus blok reward halving pertamanya Rabu kemarin dengan naik sebanyak 11,2%. Keuntungan tersebut dilampaui oleh Bitcoin SV (BSV), yang naik sebanyak 19,4% dalam periode waktu yang sama. 

Selebihnya, Bitcoin SV dijadwalkan akan melakukan blok reward halving-nya sendiri pada hari Jum’at 10 April nanti.

Kedua cabang Bitcoin ini adalah satu-satunya cryptocurrency yang memberikan lampu hijau pada kapitalisasi sepuluh besar koin di pasaran pada hari Rabu kemarin. Namun sepertinya, kenaikan itu hanya akan terjadi sebentar, mengingat peristiwa halving ini ternyata hanya memberikan sepercik api kecil yang jauh lebih sedikit daripada yang selama ini diperkirakan.

Demikian juga dengan Bitcoin SV, ia berhasil mencatat kenaikan sebesar 19,4% membawa harga koin dari $184,49 menjadi $220,40 menjelang sore kemarin. Nyaris sama dengan Bitcoin Cash, nilai BSV turun kembali ke kisaran $206 kurang dari satu jam setelah harga puncaknya yang hanya sebentar tersebut.

Menurut Coingecko, reward halving Bitcoin akan tetap berjalan naik pada 38 jam ke depan.

Baca juga: Bitcoin Cash Halving Kurang dari 16 Jam, BSV Mengikuti

Halving Bitcoin Cash dan BSV Mengecewakan?

Trader dan penggemar mata uang crypto telah lama mempertahankan blok reward halving dalam menghasilkan kenaikan harga koin yang mereka punya. Halving pada blok reward koin ini berdampak pada pengurangan tingkat inflasi ketika penawaran terjadi.

Secara teori, hal ini akan meningkatkan prospek koin menjadi sound money yang lebih berguna, dan menarik lebih banyak investor yang takut kehilangan aset yang semakin hari semakin langka.

Pandangan sebaliknya menyatakan block reward halving ini sudah menjadi pertimbangan oleh para investor yang telah membeli koin-koin ini sejak lama. Dengan kata lain, efek peningkatan harga dari halving sudah sejak lama ‘dipanaskan’.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph awal pekan ini, salah satu pendukung Bitcoin Cash terbesar menolak gagasan bahwa blok reward halving akan berdampak serius pada harga.

Roger Ver berkata:

“Pada dua kejadian lalu, pada dasarnya sama sekali tidak ada yang terjadi. Peristiwa tersebut sangat mengecewakan. Tidak menarik sama sekali, dan begitu pula prediksi saya untuk peristiwa yang akan terjadi kali ini.”

Sumber