Berita Bitcoin · 5 min read

Hacker Membuat Akun Twitter Non-Profit Belgia Menjadi Akun Promosi Coinbase Palsu

Akun Twitter non-profit Belgia ternyata diretas dan dibuat menjadi akun afiliasi palsu Coinbase crypto exchange Amerika Serikat. Akun tiruan tersebut memposting hal yang tampaknya merupakan promosi giveaway palsu, diduga merayakan pertumbuhan basis pengguna Coinbase dalam sebuah tweet pada 9 Januari yang sudah dihapus postingannya.

Para penipu telah menargetkan akun dari Federation of Enterprises in Belgium (FEB), sebuah organisasi non-profit yang bertujuan untuk mempromosikan kepentingan bisnis Belgia.

Setelah mengambil alih akun Twitter FEB, para penipu membuat akun agar tampak seperti berafiliasi dengan Coinbase. Deskripsi akunnya adalah “Official Akun Promosi Coinbase,” profil dan cover fotonya fitur branding Coinbase, serta situs ke tautan situs resmi Coinbase.

Para penipu tidak dapat mengubah pegangan akun twitter, yang tetap @VBOFBE, sebuah kombinasi dari singkatan nama organisasi di Belanda dan Perancis.

Baca juga: tZERO Overstock Menerima Paten untuk ‘Platform Integrasi Crypto’

Pada saat dipublikasikan, merek coinbase telah dihilangkan dari akun Twitter, walau pun retweet dari akun resmi coinbase masih tetap ada di feed akun tersebut.

Tweet penipu giveaway memposting tiruan model crypto di Twitter hari ini, berdebat dengan followers untuk mengirimkan jumlah kecil crypto dengan tujuan untuk menerima jumlah yang lebih besar.  Para penipu mendesak pengguna untuk berpartisipasi dalam penipuan giveaway 3,000 BTC, agaknya untuk menghormati pertumbuhan pengguna coinbase yang “lebih dari 30,000.00 pengguna.”

Selain dari pegangan akun Twitter, tanda-tanda lain yang tweet giveaway dan akun adalah penipuan termasuk grammar yang eror dan jumlah format yang tidak konsisten. Menurut dugaan pengguna yang berbasis Coinbase, menurut tweet, ada “30,000.000,” atau tiga ribu, sementara pernyataan giveaway juga dibaca: “Kami memberikan 3 000 BTC.”

Pada bulan Oktober, Ran Neuner, pemilik dari Crypto Trader CNBC, mengungkapkan bahwa jumlah dari akun pengguna telah mencapai 25 juta pada saat itu, dengan 600,000 pengguna trading aktif di platform itu.

Saat dipublikasikan, FEB belum membalas permintaan Cointelegraph untuk berkomentar tentang yang berkaitan dengan penipuan giveaway yang berhubungan dengan Crypto di Twitter sering melibatkan para penipu menyamar sebagai  orang-orang dalam industri ternama, seperti Charlie Lee atau Elon Musk, secara halus mengubah karakter pada akun resmi menjadi pengguna tiruan.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.