Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 5 min read

Grayscale Ajukan Gugatan ke SEC Terkait Penolakan ETF Bitcoin!

ETF Bitcoin Grayscale

Manajer aset kripto Grayscale mengajukan gugatan terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) untuk segera menyetujui seluruh pengajuan ETF Bitcoin spot. Gugatan ini diajukan Grayscale melalui agensi hukum DavisPolk pada Kamis (27/7).

Dalam gugatan tersebut, Grayscale menuntut SEC untuk menerima semua pengajuan ETF Bitcoin. Menurut Grayscale, apabila SEC hanya menyetujui sebagian ETF Bitcoin maka hanya menguntungkan perusahaan-perusahaan tertentu, yang mana ini dinilai tidak adil.

Baca Juga: 6 Proposal ETF Bitcoin Spot Masuk Tahap Peninjauan SEC

Grayscale Sempat Ajukan ETF Tetapi Ditolak

Sebelumnya, Grayscale telah mengajukan permohonan untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF pada bulan Mei 2023, tetapi upaya ini ditolak oleh SEC. Di kemudian hari, SEC justru menyetujui beberapa ETF Bitcoin berbasis futures.

Grayscale merespons penolakan tersebut dengan mengajukan gugatan terhadap SEC sejak Juni 2022. Kemudian, gugatan itu kembali diperbarui pada Kamis (27/7).

Grayscale merupakan salah satu pengelola dana Bitcoin terbesar di dunia, yaitu GBTC. GBTC telah menjadi platform populer bagi investor institusional untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin tanpa perlu memegang aset secara langsung.

Meskipun GBTC telah lama diperdagangkan dengan diskon besar terhadap nilai dasar bitcoin, baru-baru ini diskon tersebut menyempit setelah aplikasi BlackRock untuk ETF spot bitcoin.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Grayscale Ditolak! SEC Beri Harapan Palsu

SSA Seharusnya Bukan Syarat Tunggal dalam Pengajuan ETF Bitcoin

Kepala Petugas Hukum Grayscale, Craig Salm, menekankan bahwa Grayscale tidak meyakini bahwa perjanjian berbagi pengawasan (surveillance sharing agreements/SSA) dengan pasar bitcoin spot adalah solusi tunggal untuk mendapatkan persetujuan ETF bitcoin spot. Kendati demikian, Grayscale terus mendukung upaya apapun yang memungkinkan investor mengakses ekosistem kripto.

“Kami memuji semua kemajuan yang membawa lebih banyak pengawasan ke pasar kripto terpusat. Kami juga akan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk mengubah GBTC menjadi ETF,” ungkap Craig Salm.

Baca Juga: Mengenal Reksadana Bitcoin Melalui Grayscale Bitcoin Trust

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.