Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Google Mem-Blacklist “Ethereum” Sebagai Keyword

Aulia Medina     Wednesday, January 16 2019

Google (Alphabet Inc.) telah dilaporkan mem-blacklist keyword yang menyebut Ethereum (ETH) dalam platform iklan Google, smart contract mengaudit startup Decenter men-tweet pada 10 Januari.

Akun iklan resmi Google membalas tweet yang menyatakan cryptocurrency exchange menargetkan Amerika Serikat dan Jepang dapat diiklankan di platform, dan menargetkan negara lainnya bisa menjadi alasan iklan ditolak.

Ketika Decenter menjelaskan bahwa mereka adalah grup pengembang yang melakukan audit keamanan smart contract dan mereka melihat pesan bermasalah ketika mencoba menggunakan keyword “ethereum development services” dan “ethereum security audits,” akun resmi iklan Google menjawab:

“Walaupun kami tidak dapat terlebih dahulu mengkonfirmasi jika keyword Anda mencoba memicu iklan, kami merekomendasikan Anda untuk melihat bagian dari kebijakan kami ‘Cryptocurrencies’ di bagian Financial products and services.”

Ketika Decenter ditanya komunitas Ethereum di Reddit pada pertanyaan terbuka mengenai dugaan perubahan kebijakan Google, tim menentukan bahwa:

“Setiap keyword yang mengandung kata “ethereum” pada kampanye kami tidak lagi menunjukan iklan per tanggal 9 Januari dan sekarang melaporkan kesalahan.”

Postingan Decenter di Reddit selanjutnya menjelaskan bahwa mereka telah mengetes keyword untuk “ethereum smart contract audits” dan “eos smart contract audits”dan menemukan bahwa satu-satunya keyword yang dirujuk EOS menampilkan iklan.

Baca juga: Gate.io Konfirmasi Serangan 51% Pada Ethereum Classic

Komentar teratas di postingan Reddit mengkritik posisi Google sebagai pihak ketiga yang neutral, menyatakan:

“Google memiliki beberapa agenda politik dan ekonomi, dan mereka bersungguh-sungguh menggunakan beberapa layanan untuk mempromosikan preferensi merek. AdSense dan Youtube terkenal jahat untuk ini, tapi sudah terjadi beberapa kejadian tentang play store juga.”

Seperti yang Cointelegraph laporkan pada Maret tahun lalu, Google melarang semua yang berhubungan dengan semua tipe iklan cryptocurrency pada bulan JUni 2018, menurut update terbaru Financial Services policy mereka.

Namun, Google mengumumkan pada bulan September 2018 bahwa mereka akan mengubah kebijakan iklan mereka pada bulan Oktober, mengizinkan kembali beberapa bisnis crypto untuk beriklan pada platform Google. Yaitu, perubahan mengizinkan iklan cryptocurrency di Amerika Serikat dan Jepang.

Akhir-akhir ini, Cointelegraph melaporkan bahwa Bitcoin (BTC) wallet menyediakan Samourai Wallet diperlukan untuk menonaktifkan beberapa fitur keamanan dengan tujuan agar dapat melanjutkan pendistribusian software di Play store Google.

Sumber