Google Drive dan iCloud Dapat Cadangkan Kunci Wallet Coinbase

By Aulia Medina     Wednesday, February 13 2019

Pengguna Wallet Coinbase sekarang dapat membuat cadangan kunci privat mereka di Google dan iCloud. Dalam pernyataan tersebut, Coinbase mengatakan memungkinkan para pengguna untuk mengunggah kunci privat mereka ke cloud yang menyediakan perlindungan terhadap kunci yang hilang dan akan membantu mereka menghindari kehilangan dana jika kuncinya salah tempatkan. Catatan pengumuman tersebut menyebutkan:

“Kunci privat tersebut dihasilkan dan disimpan di perangkat mobile Anda adalah satu-satunya cara agar dapat mengakses dana Anda di Blockchain. Pemilik dari ‘dompet yang dikontrol pengguna’ seperti Wallet Coinbase terkadang dapat kehilangan perangkat mereka atau gagal mencadangkan 12 kata dengan aman, sehingga menyebabkan kehilangan dana mereka selamanya.”

Manfaat Google Drive dan iCloud

Sekarang pengguna Wallet Coinbase dapat menyimpan salinan terenkripsi dalam akun cloud mereka. Coinbase mencatat bahwa baik mereka ataupun layanan cloud tidak akan memiliki akses ke dana pengguna, sebagaimana kunci pemulihan hanya dapat dibuka oleh password yang hanya diketahui oleh pengguna. Cadangan tersebut dilaporkan terenkripsi dengan enkripsi AES-256-GCM yang mana hanya dapat diakses melalui aplikasi mobile Wallet.

Selain Google Drive dan iCloud, mereka akan terus mendukung cloud lainnya. Fitur ini adalah layanan opt-in yang tidak menggantikan atau menggantikan opsi pemilihan yang asli.

Baca juga:Aplikasi Wallet Coinbase Mendapatkan Dukungan Bitcoin

Awal bulan ini, cryptocurrency asal Kanda, QuadrigaCX diajukan untuk perlindungan kreditor dikarenakan kematian sang founder, Gerald Cotten. Cotten dilaporkan executive tunggal yang bertanggung jawab untuk kunci exchange dan cold wallet dan setelah kematiannya exchange tidak dapat mengakses $145 juta dalam digital aset.

Hari ini diumumkan dalam laporan Ernst & Young bahwa perusahaan audit ‘Big Four’ yang dinobatkan sebagai pengamat dalam proses perlindungan kreditor Quadriga telah memulihkan beberapa perangkat elektronik yang digunakan oleh Cotten, termasuk kunci USB terenkripsi.

Pada Januari lalu, Coinbase menambahkan sumber bagi para nasabah di Amerika Serikat untuk mengakui perdagangan crypto atas pajak mereka. Cryptocurrency exchange dan layanan wallet menambahkan panduan edukasi tentang crypto dan perpajakan, selain itu untuk mengintegrasi dengan software pajak terkenal, TurboTax.

Sumber