Golden Goals Meluncurkan Platform NFT di Tezos dan Bermitra FC Nantes

Anisa Giovanny

15th September, 2021

Golden Goals adalah platform NFT olahraga baru yang dibangun di atas Tezos yang memungkinkan pengalaman NFT penggemar saat berinteraksi dengan tim sepak bola favorit mereka.  

Salah satu klub sepak bola yang bekerja sama dengan Golden Golas adsalah FC Nantes, tim sepak bola papan atas Prancis yang bermain di Ligue 1 telah bermitra dengan Golden Goals untuk meluncurkan NFT.

“Koleksi unik aset digital dari jersey away 21/22 yang terkait dengan dimensi fisiknya, untuk koleksi pertama ini, dan  memiliki kemungkinan untuk memperoleh beberapa versi di NFT dari klub,”tulis situs web FC Nantes.

Fungsi pertama dari Golden Goals adalah menjadi pasar NFT di dunia sepakbola. Artinya, ruang yang memungkinkan  pengguna membuat, bertukar, dan memamerkan NFT.

Platform ini akan menyatukan koleksi sepak bola digital klub dan penggemarnya, dan merupakan bukti komitmen seumur hidup dari pria dan wanita yang menjadikan sepak bola sebagai seni dan olahraga paling menarik di dunia.

Platform ini dibuat oleh sebuah perusahaan bernama euraNov, yang memiliki kantor di Paris dan Lille. Mereka adalah transformasi digital dan perusahaan konsultan yang berspesialisasi dalam Salesforce, Dropbox, dan HelloSign. Mereka juga berspesialisasi dalam blockchain dan Esports.

Menggunakan Platform Golden Goals

Pengguna platform tidak perlu mengirimkan detail pendaftaran mereka untuk menggunakan platform, namun, untuk membeli, menjual, atau membuat, mereka harus menggunakan wallet Tezos.

Salah satu contoh dompet yang diberikan kepada pengguna adalah Temple Wallet. Pengguna kemudian diberi petunjuk tentang cara mengkredit dompet mereka dengan tez melalui Ramp. Ini memungkinkan pengguna platform untuk mengkredit akun mereka menggunakan fiat di dalam platform itu sendiri.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat NFT mereka sendiri dengan biaya hanya beberapa sen menggunakan blockchain Tezos. Platform mengambil biaya 3%. Golden Goals menyatakan di situs web mereka bahwa mereka memilih Tezos sebagian karena menjadi blockchain yang ramah lingkungan.

Klub Dapat Membuat dan Menjual NFT

Salah satu dinamika menarik dari platform Golden Goals adalah memungkinkan pengguna untuk menyumbang ke klub favorit mereka. Pengguna dapat memilih untuk menyumbang (antara 1% dan 20%).

Pengguna dapat memilih persentase ini segera dalam kasus penjualan harga tetap, dan pada akhir lelang dalam kasus lelang. Klub sendiri juga dapat membuat dan menjual NFT melalui platform, memungkinkan pengalaman penggemar NFT.

Di platform Golden Goals, ada dua jenis NFT yang tersedia (GOAL dan FAN). NFT GOAL pada platform adalah NFT bersertifikat adalah NFT yang hanya dapat dibuat oleh pengguna terverifikasi seperti klub sepak bola. Fan NFT dapat dibuat oleh siapa saja dan dapat diasosiasikan dengan klub tertentu oleh penciptanya.

Beberapa NFT bersertifikat pada platform akan memungkinkan hak istimewa seperti dapat memperoleh representasi fisik NFT.

Token SUZ dari Golden Golas

Platform Golden Goals juga memiliki token yang bernama SUZ,  ini adalah token (cryptocurrency) di blockchain Tezos yang dibuat oleh perusahaan di belakang Golden Goals (EuraNov) dan ditujukan untuk semua aplikasi blockchain saat ini dan masa depan.

Dalam jangka pendek, ini akan digunakan untuk membeli NFT premium dan spesial, dan untuk logika gamifikasi Golden Goals. Selama persediaan masih ada, pengguna platform yang membeli NFT akan menerima token SUZ ke dompet mereka.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency