Siaran Pers · 5 min read

Friktion Resmi Luncurkan Produk Volt#5 Perlindungan Modal

Friktion

Friktion resmi menayangkan produk Volts#05 untuk perlindungan modal. Volts ini menurut Friktion akan menghasilkan pengembalian yang kompetitif di tengah kondisi pasar yang volatil sambil menawarkan perlindungan pokok 100%.

Ini menggunakan hasil bunga dari pinjaman yang dioptimalkan untuk membeli perlindungan derivatif dari produk volatilitas (opsi) menjadi satu produk DeFi yang kuat.

Cara Kerja Volt#5?

  1. Deposito dipinjamkan ke Tulip untuk mendapatkan hasil bunga yang akan mengoptimalkan dan menyeimbangkan kembali di antara platform pinjaman yang overcollateralized. 
  2. Perlindungan volatilitas sebagian dari bunga pinjaman yang diperoleh digunakan untuk membeli opsi put SOL yang melindungi terhadap volatilitas penurunan ketika harga SOL turun drastis. 

*Catatan: 

  • Prinsipal tidak digunakan untuk membeli opsi put, hanya bunga yang masih harus dibayar. Dalam peristiwa di mana harga SOL turun lebih dari % lindung nilai harga (misalnya 25%), deposan memperoleh pengembalian yang terlalu besar dari hasil perlindungan volatilitas (opsi put).
  • Dalam peristiwa di mana harga SOL turun kurang dari % lindung nilai harga atau naik, deposan memperoleh pengembalian secara linier (dari bunga pinjaman).
Strategi Bearish Market Friktion

Dilindungi Prinsipal: Nilai simpanan (pokok) dilindungi 100%, hanya pembayaran bunga yang digunakan untuk lindung nilai. 

Perlindungan Volatilitas: Menghasilkan pengembalian yang terlalu besar ketika harga SOL bergerak di bawah harga lindung nilai% dengan kisaran hasil sebagai berikut. 

Capital protection. Sumber: Friktion
Capital protection. Sumber: Friktion

Harga lindung nilai adalah persentase aset (SOL) harus bergerak untuk lindung nilai yang digunakan sebagai pembayaran. Diukur dengan perbedaan antara harga spot saat ini dan harga strike dari opsi put yang dibeli oleh Volt. 

Dalam kasus lindung nilai harga 25% artinya opsi put SOL dibeli dengan harga strike 25% lebih rendah dari harga spot SOL saat ini (misalnya: jika harga spot: $40 maka harga strike: $30)

Ketika harga SOL turun di bawah harga strike, opsi put adalah in-the-money dan pembeli opsi (deposan Volt#05 dalam strategi ini) berhak menjual SOL pada harga strike yang lebih tinggi dari harga spot harga maka akan mengunci keuntungan. 

Agar lebih mudah memahami strategi Volt#5 berikut ini adalah skenario yang terjadi pada strategi Volt#05. 

Asumsi kasus 

  • Epoch berdurasi 1 minggu
  • Alice menyetor $1,000 USDC
  • Tingkat pinjaman untuk USDC adalah 4% APY
  • Setengah dari hasil pinjaman setiap minggu digunakan untuk membeli opsi put SOL, lindung nilai terhadap volatilitas penurunan
  • Lindung nilai risiko ekor (opsi put mingguan) yang dibeli memiliki strike $30

Berdasarkan asumsi tersebut ada beberapa skenario yang bisa tercipta di antaranya adalah sebagai berikut. 

Skenario 1 

Harga SOL naik menjadi $46 ( 15%) jika Alice memegang USDC di dompetnya: investasinya tetap di $1.000. Dengan menyetor ke Volt #05: dia akan mendapatkan $0,38 (+0,04%), membuat posisinya bernilai $1,000.4 

Skenario 2

Harga SOL turun menjadi $34 turun 15%, tetapi di atas harga strike opsi put ($30)

Jika Alice memegang USDC di dompetnya: investasinya tetap di $1.000

Dengan menyetor ke Volt #05: dia akan mendapatkan $0,38 (+0,04%), membuat posisinya bernilai $1,000.4. 

Skenario 3

Harga SOL turun menjadi $28 (↓30%) dan berada di bawah harga strike opsi put ($30).

Artinya opsi put ada dalam uang, dan pembeli opsi (deposan Volt#05) memiliki hak untuk menjual SOL seharga $30

  • Jika Alice memegang USDC di dompetnya: investasinya tetap di $1.000
  • Dengan menyetor ke Volt #05: dia akan mendapatkan $50,4 (+5,04% ), membuat posisinya bernilai $1.050.38. 
  • Pada saat deposit, harga SOL adalah $40 yang setara dengan 25 SOL ($1,000 USDC deposit)
  • PnL dari Perlindungan Volatilitas = 25 SOL * ($30 — $28) = $50
  • PnL dari (Hasil Pinjaman — Biaya Lindung Nilai) = $0,77-$0,38 = $0,38
  • Total Volt#05 PnL = $50,4

Tertarik untuk mencoba produk Volts#5? Kamu dapat mengunjungi situs Friktion. Namun perlu diingat sebelum menggunakan produk ini jangan lupa untuk melakukan riset lebih lanjut agar kamu mengetahui segala risiko dan keuntungan yang mungkin dihadirkan.

Baca juga: Volts Produk Unggulan Friktion di Segala Kondisi Market 

Tentang Friktion

Friktion adalah protokol terkemuka DeFi untuk strategi hasil yang dikelola risiko.  Produk inti dikenal sebagai Volts, adalah blok bangunan portofolio DeFi yang berkinerja di seluruh siklus pasar.

Platform ini telah mengumpulkan lebih dari 17.000 pengguna dan memperdagangkan volume >$2,5 miliar. Misi protokol ini adalah untuk memungkinkan akses ke hasil DeFi berkelanjutan jangka panjang.

Baca juga: Luncurkan Kerjasama di Ranah Institusi DeFi, Friktion Bermitra dengan Fireblocks

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.