Berita Altcoins · 5 min read

Film ‘Crypto’ Apakah Hanya Akan Menyebarkan FUD?

Dua hari yang lalu pada 11 Maret 2019, Hollywood merilis cuplikan dari sebuah film mengenai Cryptocurrency dengan judul Crypto. Disutradarai oleh John Stalberg Jr., Crypto dikabarkan akan dirilis pada tanggal 12 April 2019 yang akan datang. Film ini menggaet sejumlah aktor ternama termasuk Alexis Bledel, Luke Hemsworth, Beau Knapp, serta Kurt Russell yang membintangi film Guardians of The Galaxy 2, The Hateful Eight, dan lainnya. Namun, akankah film Crypto menyebarkan FUD atau Fear, Uncertainty, and Doubt?

Film Crypto bercerita tentang seorang eksekutif Wall Street (Beau Knapp) yang mendapat pekerjaan di Anti-Money Laundering (Anti-Pencucian Uang) yang akhirnya mengungkap konspirasi keuangan dunia yang mengarah ke komplotan Rusia penculik anggota keluarganya. Film ini tampaknya menggambarkan cryptocurrency kebanyakan dari segi negatifnya dan lebih fokus pada kemungkinan tindak kriminal menggunakan cryptocurrency – yang mana sebenarnya kemungkinan tindakan kriminal ini pun juga tetap ada pada penggunaan uang tunai.

Baca Juga: Pemanfaatan Cryptocurrency bagi Kaum Milenial

Fear, Uncertainty, and Doubt dalam Film ‘Crypto’

Film ini mengangkat kisah tipikal cybercrime serta action Amerika yang sering kita jumpai, bedanya di film ini kejahatan dilakukan menggunakan cryptocurrency. Hollywood masih saja menampilkan stereotip kriminal mafia Rusia dan seorang protagonis yang menjadi pahlawan. Benar-benar tipikal film action Amerika.

Kalau dilihat dari laman IMDB nya tidak ada satu pun kru film ini yang merupakan ahli dalam hal Bitcoin atau cryptocurrency. Hanya ada satu orang, yaitu Chuck Girard yang mengawasi pembuatan naskah film ini yang ~sedikit~ terlibat dalam cryptocurrency. Itu pun hanya berupa tweet promosi giveaway berhadiah Bitcoin sebanyak 3 kali di twitternya pada tahun 2017.

Nampaknya film ini hanya akan menampilkan kesalahpahaman kepada masyarakat awam tentang bagaimana cara kerja teknologi cryptocurrency. Penggarapan film ini pun seperti hanya menambahkan cryptocurrency sebagai teknologi baru ke dalam kerangka standar film action. Dari posternya saja sudah terpampang jelas bahwa slogan film ini adalah “Fear is the ultimate currency” yang berarti ketakutan adalah mata uang yang paling berharga.

Investor Crypto kemungkinan akan melihat rilis film Crypto ini sebagai hal yang baik dan buruk. Karena tidak diragukan lagi film ini akan membawa perhatian pada Bitcoin dan crypto lainnya seperti Ethereum dan Stellar. Meski dengan adanya film ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa cryptocurrency akan semakin dilirik oleh masyarakat luas, tapi apabila representasi bitcoin dan cryptocurrency dalam film ini ditampilkan secara negatif apakah tidak akan menciptakan FUD yang irasional?

Referensi: Trailer Film Crypto, investinblockchain dan cryptoinsider

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.