Belajar

Hey, Kaum Milenial! Begini Caranya Memanfaatkan Cryptocurrency

single-image

Kehebohan Bitcoin telah mencapai puncaknya akhir tahun 2017 ketika harga 1 BTC naik hingga US$19700. Hal ini menarik perhatian sejumlah besar pasang mata ke arah mata uang kripto; banyak pula yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai peluang investasi yang besar.

Data dari seluruh dunia menunjukkan bahwa orang-orang berusia 18-28 tahun merupakan kelompok usia yang paling tertarik untuk berinvestasi mata uang digital. Kaum Milenial semakin terlibat dalam dunia crypto; generasi Bitcoin dapat mengambil banyak manfaat dari teknologi ini.

Jika kaum milenial melakukan jenis investasi yang benar dalam cryptocurrency dan HODL dalam jangka waktu yang tepat, mereka dapat mendapatkan ROI yang sangat tinggi. Banyak milenial yang menggunakan cryptocurrency sebagai bentuk investasi untuk tagihan traveling mereka – jadi ketika perjalanan mereka selesai, harga investasi mereka sudah meningkat sampai menutupi ongkos yang dikeluarkan selama perjalanan: namun hal ini juga tergantung pada pasar. Jika pasar cryptocurrency dalam keadaan bearish, maka kemungkinan mereka justru akan kehilangan investasinya.

Yang Bisa Dilakukan Milenial untuk Memanfaatkan Cryptocurrency
  1. Tabungan

Tidak bisa dipungkiri, tabungan sangat penting. Milenial perlu memahami bahwa mereka harus mulai menabung sejak dini. Memanfaatkan cryptocurrency untuk investasi cenderung memberikan keuntungan yang tinggi dari waktu ke waktu. Jika mereka memulainya lebih awal dan membuat keputusan investasi yang tepat, maka mereka bisa mengamankan masa depan mereka. Milenial dapat menabung cukup banyak uang untuk membiayai periode sulit yang akan dihadapi di masa mendatang atau untuk keperluan darurat.

  1. Dana Traveling

Memanfaatkan cryptocurrency salah satunya bisa untuk mengumpulkan dana traveling. Bepergian atau traveling merupakan sarana edukasi yang baik. Milenial dan usia dewasa muda harus mengeksplorasi dunia untuk memahami budaya lain dan mendapatkan perspektif lebih luas mengenai dunia. Traveling tidak hanya membentuk empati dan pemahaman, namun juga membantu kaum milenial memiliki pandangan lebih luas terhadap berbagai hal. Memberikan mereka pemikiran lebih kreatif dan gagasan-gagasan baru dalam kehidupan.

  1. Modal usaha

Keuntungan yang didapat dari investasi cryptocurrency juga dapat digunakan untuk memulai sebuah usaha kecil atau startup. Hal ini akan memebantu mereka memastikan bahwa mereka cukup mandiri dan tidak membutuhkan bantuan eksternal setidaknya di tahap awal, memberi mereka keuntungan di awal.

  1. Smart Contract

Kaum milenial yang pandai dalam coding dan pemrograman dapat belajar bagaimana memanfaatkan smart contract untuk membuat aplikasi yang terdesentralisasi pada platform blockchain.

  1. Kesempatan untuk masa depan

Pendidikan dalam teknologi cryptocurrency dan blocckhain kemungkinan akan mengambil satu jalan panjang di amsa depan. Teknologi blockchain sudah dipuji sebagai ‘Web 3.0’ – inovasi terobosan yang siap untuk mengubah cara kita melihat teknologi. Hal ini merupakan kesempatan yang bagus untuk para milenial mempelajari teknologi ini.

Baca Juga: Tips Jika Kalian Ingin Berinvestasi Bitcoin

Yang Harus Diperhatikan oleh Milenial

Meski ada banyak kesempatan untuk berinvestasi secara menguntungkan, namun tetap ada sejumlah ancaman yang harus dihadapi khususnya oleh kaum milenial. Mengingat bahwa investor milenial yang berivestasi dalam cryptocurrency sebagian besar baru pertama kali melakukan investasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai berinvestasi:

  1. Market Cap itu Penting

Terkadang, para investor muda tidak memperhatikan market cap ketika melakukan investasi cryptocurrency. Memang pertumbuhan harga itu penting, tapi stabilitas market cap juga sangatlah penting. Semakin tinggi market cap nya, semakin baik dan kredibel pula suatu mata uang digital terlepas dari harga per mata uang.

  1. Menetapkan strategi

Investor seringkali menetapkan strategi tetapi tidak mengikutinya bila pergerakan pasar berbeda. Seorang investor harus memahami bahwa mereka harus mengikuti strategi dan tidak tertipu oleh ‘bear trap’ atau ‘bull trap’ yang ada di pasar. Kadag kala, pasar cryptocurrency dimanipulasi oleh investor kelas kakap yang bisa menaikkan harga suatu cryptocurrency menjadi sangat tinggi hanya untuk dijatuhkan kemudian. Investor yang cerdas harus berinvestasi dengan bijaksana.

  1. Manajemen risiko

Penting sekali untuk menetapkan stop-loss ketika melakukan trading – lebih penting lagi untuk terus mengikuti stop-loss tersebut. Kalau Coinvestors berencana menjual cryptocurrency ketika harga menyentuh titik rendah tertentu, jangan menunggu momen ‘siapa tahu sebentar lagi akan naik’ – jual saja kalau memang batas stop-loss sudah dilewati.

  1. Investasi sesuai kemampuan

Saran terakhir bagi para investor milenial adalah “Jangan berinvestasi lebih besar dari jumlah kerugian yang siap kamu tanggung”. Saran ini sangat penting, dan para investor khususnya milenial harus mengikuti saran tersebut – jangan sampai menggadaikan barang-barang yang dimiliki seperti mobil, rumah, dan yang lainnya untuk berinvestasi crypto! Karena hal tersebut bukanlah risiko yang patut untuk diambil.

Artikel terkait: Cara Memilih Cryptocurrency yang Tepat

You may also like