5 min read

Facebook Mengembangkan Cryptocurrency untuk Transfer via WhatsApp

Pada 20 Desember kemarin, Bloomberg melaporkan bahwa raksana media sosial, Facebook, akan membuat cryptocurrency untuk pengguna layanan pesan WhatsApp mereka. Token ini konon akan digunakan untuk transfer uang yang nantinya dibuat dalam aplikasi, dan akan fokus pada pengiriman uang di Market India.

Mengutip dari sumber yang akrab dengan masalah ini, Bloomberg menyatakan bahwa Facebook sedang mengembangkan stablecoin. Sumber-sumber lain lebih lanjut menyatakan bahwa koin tidak akan dirilis dalam waktu dekat, karena Facebook masih proses pada strategi untuk aset penahanan yaitu aset stablecoin akan terikat. Market remitansi di India termasuk yang perkembangannya signifikan. Menurut data Bank Dunia, negara menerima hampir $69 miliar dolar dalam pengiriman uang asing pada tahun 2017, atau 2,8 persen dari PDB negara itu. Popularitas WhatsApp kini makin lebih luas di India, dengan lebih dari 200 juta pengguna di negara ini. Jumlah pengguna di pedesaan India meningkat dua kali lipat tahun lalu karena data dan biaya internet di wilayah itu menurun.

Pandangan Facebook

Pandangan Facebook pada cryptocurrency telah berubah secara signifikan selama setahun terakhir. Pada Januari 2018, jaringan media sosial melarang iklan kripto, yang katanya dirancang untuk mencegah “iklan yang mempromosikan produk dan layanan keuangan yang sering dikaitkan dengan praktik promosi yang menyesatkan atau menipu.” Pada bulan Mei, David Marcus, kepala Messenger aplikasi pesan Facebook, mengumumkan pembentukan tim eksplorasi blockchain di Facebook. Pada saat itu, Marcus juga merupakan anggota dewan di pertukaran crypto yang berbasis di San Francisco dan layanan Coinbase Wallet.

Baca Juga:Coinbase Menambahkan Crypto-to-Crypto Trading untuk Pelanggan Ritel

Marcus kemudian menyatakan, “Saya sedang menyiapkan sebuah kelompok kecil untuk mengeksplorasi cara memanfaatkan blockchain di Facebook, mulai dari nol.” Facebook mencabut larangan pada iklan kripto pada akhir Juni ini.

Pada bulan Agustus, Marcus mengundurkan diri dari Coinbase untuk menghindari konflik internal. Dia mengatakan “Karena grup baru yang saya atur di Facebook di sekitar blockchain, saya sudah memutuskan bahwa saya pantas untuk mengundurkan diri …” Sementara itu, aplikasi pesan global lainnya, seperti Kakao, LINE dan Telegram, telah mengungkapkan rencana untuk pindah ke ruang blockchain.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Felita Setiawan

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.