Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Blockchain · 5 min read

Evolusi Ethereum: Dencun dan Perubahan Fundamentalnya

upgrade dencun ehereum

Pembaruan Dencun Ethereum dijadwalkan terjadi pada 13 Maret 2024 waktu Amerika Serikat. Dencun memperkenalkan konsep “proto-danksharding”, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja transaksi dan mengurangi biaya.

Baca juga: Upgrade Dencun Ethereum akan Terjadi Bulan Maret 2024

Langkah ini adalah fondasi penting bagi perkembangan kemampuan Ethereum. Melalui pembaruan ini, Ethereum berharap meningkatkan kapasitas pemrosesan transaksinya secara signifikan, yang berpotensi mencapai lebih dari 100.000 transaksi per detik. Ini adalah langkah besar untuk mendukung adopsi global, memungkinkan Ethereum untuk memenuhi tuntutan jaringan yang semakin meningkat.

Dencun memperkenalkan struktur data blok baru, yang dikenal sebagai “blob” (EIP-4844), yang secara substansial mengurangi biaya penyimpanan dan komputasi terkait dengan rollup. Dengan memadatkan data transaksi secara off-chain, blob hanya menyimpan data verifikasi yang penting yang dapat meningkatkan efisiensi biaya.

Selain itu, dengan pembaruan Dencun, penambahan beberapa blobspace memungkinkan redundansi dan distribusi beban yang lebih baik. Dengan cara ini, penyimpanan sementara dibagi di seluruh blobspace, meningkatkan throughput transaksi dan kapasitas pemrosesan data secara bersamaan, yang dapat , yang pada gilirannya meningkatkan pengalaman pengguna.

CoinEx Optimis Adopsi Ethereum akan Meluas

CoinEx, salah satu pertukaran kripto global terkemuka, melihat Dencun sebagai katalis untuk perluasan adopsi kripto yang dapat meningkatkan harga dan mengembalikan kepercayaan pasar pada Ethereum.

Mereka menyebutnya sebagai evolusi monumental yang membuka potensi penuh Ethereum, membawa era baru efisiensi, skalabilitas, dan inovasi tanpa batas.

Dampak dari pembaruan Dencun juga diharapkan dapat bermanfaat untuk ekosistem Ethereum, salah satunya dukungan pengembangan DApps dengan utilitas dunia nyata yang dapat mendorong adopsi yang lebih luas.

Baca juga: CoinEx Wallet Dukung Pengguna dalam Adopsi Web3

Proposal Upgrade Ethereum Lainnya

Dencun tidak hanya tentang Proto-Danksharding; itu juga mencakup berbagai proposal peningkatan Ethereum yang mengatasi berbagai aspek ekosistem blockchain.

Misalnya, di bidang keamanan, EIP 4788, 6780, dan 7514 memperkuat perlindungan di tingkat protokol dan aplikasi. Di samping itu, untuk staking, EIP 7044 dan 7045 bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, sedangkan EIP 5656 dan 1153 berfokus pada optimalisasi biaya bahan bakar, membuka pintu untuk beragam aplikasi seperti DeFi, gim, dan metaverse.

Baca juga: Standard Chartered Optimis Harga ETH ke US$4.000, Imbas ETF Ethereum Spot 

Artikel ini disponsori oleh CoinEx. CoinEx adalah pertukaran mata uang kripto global yang menyediakan berbagai layanan, termasuk perdagangan spot dan margin, kontrak berjangka, swap, pembuat pasar otomatis (AMM), dan layanan manajemen keuangan untuk lebih dari 5 juta pengguna di 200+ negara dan wilayah.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.