Berita Industri · 6 min read

Euler Finance Buka Sayembara Berhadiah Rp15,37 Miliar Untuk Dapatkan Informasi Peretas!

Eleur Finance adakan sayembara

Protokol pinjaman (lending), Euler Finance menawarkan hadiah US$1 juta untuk mendapatkan informasi peretas. Senin (13/3) protokol tersebut diserang dengan skema flash loans dan merugi hamir US$200 juta atau senilai Rp3.074 triliun.

Baca Juga: Ini Yang Membuat Bitcoin Aman Terhadap Peretasan

Dalam pesan on-chain yang dikirim dari kontrak deployer Euler, pengembang menyatakan, jika 90% dari dana tidak dikembalikan dalam waktu 24 jam, pengembang akan melakukan sayembara bernilai US$1 juta (Rp15,37 miliar) untuk informan yang berhasil mengatahui pelaku.

Kami memahami bahwa Anda bertanggung jawab atas serangan pagi ini di platform Euler. Kami menulis untuk melihat apakah Anda akan terbuka untuk berbicara dengan kami tentang potensi langkah selanjutnya, kata pengembang.

Sejak kabar peretasan beredar, token Euler (EUL) turun drastis. Menurut data Coingecko (19/3) pukul 14.09 WIB, token EUL diperdagangkan pada harga US$1.60, mencatat penurunan lebih dari -75% dalam sepekan terakhir.

Baca Juga: 5 Kasus Peretasan Kripto Terbesar di 2022

Bagaimana Peretasan Euler Finance Terjadi?

Pada platform Euler Finance, pengguna bertransaksi dengan e-Token (mewakili agunan) dan dToken (mewakili hutang). E-Token diterbitkan oleh Euler berdasarkan jenis dana yang disimpan oleh pengguna.

Jika platform menyimpan lebih banyak dToken daripada e-Token, likuidasi on-chain akan dipicu secara otomatis.

Menurut ChainAnalysis, peretasan mungkin disebabkan oleh masalah likuiditas pada fungsi DonateToReserve dari eToken.

Fungsi ini membakar eToken, tetapi tidak dToken, sehingga mengakibatkan konversi aset pinjaman yang salah menjadi aset yang dijaminkan.

Peretas memanfaatkan celah inkonsistensi untuk menciptakan kesan palsu bahwa platform memiliki jumlah eToken yang disetorkan rendah dan hutang palsu rendah, karena dToken tidak dibakar.

Kemudian, peretas segera memindahkan dana melalui mixer kripto Tornado Cash, hanya beberapa jam setelah Euler mengumumkan sayembara.

Baca Juga: 10 Kasus Peretasan DeFi Terbesar dalam Sejarah

CEO Euler Finance Angkat Bicara

CEO Euler Labs, Michael Bentley mencurahkan kegelisahannya setelah terjadi serangan flash loans Euler melalui akun Twitter resmi miliknya pada Jumat (17/3).

Baru-baru ini, Betley juga me-retweet unggahan Twitter @WazzCrypto yang menyebutkan bahwa Euler memiliki 10 audit dari 6 perusahaan yang berbeda. Pengguna tersebut juga menyisipkan komentar bahwa platform Euler Finance selalu menjadi proyek yang terbilang aman.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.