Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Ethereum Tingkatkan Batas Gas, Mungkinkan Jaringan Capai 44 Transaksi Per Detik

Wafa Hasnaghina     Monday, July 20 2020

Jaringan Ethereum menjadi salah satu dari beberapa proyek besar yang berkembang pada pasar saat ini. Meskipun harganya belum begitu reaktif, ekosistem ini telah menunjukan pergerakan yang lebih cepat pada jaringan. Hal ini disebabkan adanya peningkatan batas gas.

Menurut data, batas gas Ethereum telah mencapai titik all-time-high baru menjadi 12.500.000 dari 10.000.000. Ini terjadi setelah adanya pemungutan suara oleh miners Ethereum dalam meningkatkan batas gas blok sebesar 25%.

Menurut data yang diberikan oleh Pendiri dan Kepala Arsitek bloXroute Labs, Aleksandar Kuzmanovic, peningkatan batas gas ini bisa saja mengisyaratkan akan adanya batas yang nantinya jauh lebih tinggi.

Di luar itu, transaksi on-chain masih tetap tinggi walau dengan adanya kenaikan harga gas ini. Transaksi tercatat meningkat menjadi 44 per detik, dibandingkan dengan batas sebelumnya sekitar 35. Karena jumlah transaksi per detik meningkat, dengan volume on-chain yang stabil, bisa dipastikan bahwa akan ada lonjakan total penggunaan gas yang kemungkinan berasal dari peningkatan penggunaan kontrak pintar yang lebih kompleks dan membutuhkan lebih banyak gas.

Baca juga: Vitalik Buterin si Pencipta Ethereum Tawarkan Solusi Scaling Transaksi ETH

Transaksi per Detik dalam Jaringan Ethereum

Saat ini, terlihat adanya kebutuhan gas dan peningkatan lain dalam batas gas, hal ini disebabkan jaringan tetap sangat aktif dan blok-blok tetap penuh. Seiring dengan peningkatan transaksi yang sedang diproses, jumlah alamat yang memegang koin 1+ juga terlihat menghadapi All-Time-High-nya. Menurut data dari Glassnode, sekitar 1,083 juta alamat sekarang memiliki 1+ koin ETH.

Metrik penting lainnya yang disorot adalah kesehatan jaringan Ethereum berada pada tingkat yang dirasa masih sehat dan dapat menangani volume TPS yang lebih tinggi.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini