Berita Blockchain · 7 min read

Ethereum Keluarkan Proposal untuk Hard Fork Shanghai

Hardfork Shanghai Ethereum

Tim developer Ethereum mengumumkan untuk mempertimbangkan delapan Ethereum Improvement Proposals (EIP) untuk dimasukkan dalam hard fork jaringan yang akan datang, yang disebut “Shanghai.”

Developer akhirnya memutuskan fitur apa yang harus disertakan dalam hard fork berikutnya, yang akan dirilis pada paruh kedua tahun 2023.

Fitur Utama Hard Fork Shanghai Ethereum

Salah satu fitur utama yang diharapkan ada di hard fork Shanghai, Beacon Chain memberikan akses Ether (ETH) yang di-staking untuk unlocking, memungkinkan aset dapat ditarik dengan peningkatan, yang berarti bahwa pengguna yang melakukan staking Ethereum sebelum The Merge akan dapat mengakses token tersebut, serta hadiah lainnya. Garis waktu sebelumnya memperkirakan ETH yang terkunci akan dapat diakses 6-12 bulan setelah The Merge

Baca juga: The Merge Sukses! Sejarah Baru di Crypto Tercipta

Upgrade Shanghai akan diluncurkan tahun depan dan akan menjadi pengembangan terbesar sejak The Merge. Maka upgrade Shanghai nantinya akan memperkenalkan beberapa pemutakhiran penting dan membuat perubahan pada fungsionalitas EVM.

Di antara proposal yang disetujui adalah EIP 4844, yang berfokus pada peningkatan teknologi proto-danksharding, dan diharapkan dapat meningkatkan throughput jaringan dan memangkas biaya transaksi, peningkatan yang signifikan untuk skalabilitas.

EIP lain menangani pemutakhiran Mesin Virtual Ethereum, termasuk EIP 3540, EIP 3670, EIP 4200, EIP 4570, dan EIP 5450.

Versi testnet Shanghai, yang dijuluki Shandong, ditayangkan pada 18 Oktober, memungkinkan pengembang untuk bekerja pada implementasi seperti format objek Ethereum Virtual Machine (EVM), adalah salah satu pembaruan komunitas yang paling dinanti karena memisahkan pengkodean dari data, yang dapat bermanfaat bagi validator on-chain.

Baca Juga: The Merge Ethereum: Era Baru Pengenalan Teknologi Sharding

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.