Berita Industri · 6 min read

Ethereum Foundation Diduga Sedang Diselidiki Pemerintah

Ethereum

Ethereum Foundation telah menghapus sebuah pernyataan yang menegaskan bahwa mereka tidak pernah menerima panggilan dari pengadilan pemerintah.

Sebelumnya, situs Ethereum Foundation menyertakan pengungkapan berikut:

“Ethereum Foundation (Stiftung Ethereum) tidak pernah dihubungi oleh lembaga mana pun di dunia dengan cara yang mengharuskan kontak tersebut tidak diungkapkan. Stiftung Ethereum akan secara terbuka mengungkapkan segala jenis penyelidikan dari lembaga pemerintah yang berada di luar cakupan reguler operasi bisnis.”

Pernyataan tersebut dihapus pada tanggal 26 Februari, bersamaan dengan perubahan pada komitmen GitHub dan warrant canary situs web.

Warrant canary adalah sebuah peringatan teks atau visual (seperti burung berwarna-warni, dalam kasus Ethereum Foundation), yang disertakan oleh beberapa perusahaan di situs web mereka untuk menunjukkan bahwa mereka belum pernah menerima panggilan pengadilan atau permintaan dokumen rahasia dari pemerintah.

Jika lembaga pemerintah benar-benar meminta informasi, perusahaan tersebut dapat menghapus teks tersebut, yang menunjukkan bahwa mereka menerima permintaan tersebut tanpa mengatakannya secara eksplisit.

Warrant canary milik Ethereum Foundation sebelumnya telah dihapus pada tahun 2019 karena kesalahan dan dengan cepat ditambahkan kembali ke situs web.

Meskipun belum diketahui pemerintah mana yang meluncurkan penyelidikan terhadap Ethereum Foundation, organisasi tersebut berbasis di Swiss dan berada di bawah lingkup Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss (FINMA).

Baca juga: Biaya Transaksi Layer-2 Ethereum Turun Drastis Pasca Dencun

Bukan Masalah Besar untuk Ethereum

Di Amerika Serikat, beberapa perusahaan kripto baru-baru ini menerima panggilan pengadilan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) yang meminta dokumen atau catatan keuangan apa pun terkait dengan transaksi mereka dengan Ethereum Foundation, menurut sebuah laporan yang diterbitkan Rabu oleh Fortune.

Pengamat industri dengan cepat menunjukkan bahwa “penyelidikan sukarela” yang dilakukan oleh Ethereum Foundation bukanlah masalah besar.

“Sangat umum bagi yayasan protokol kripto untuk menerima permintaan informasi secara sukarela dari regulator federal dan negara bagian. Dan panggilan pengadilan sama pastinya dengan terbitnya matahari bagi entitas kripto,” kata Mike Selig, partner di Willkie Farr & Gallagher.

Ethereum Foundation adalah lembaga yang menjalankan fungsi seperti menangani hibah dan menyediakan penelitian untuk ekosistem Ethereum.

Ini menekankan bahwa mereka tidak mengendalikan atau memimpin Ethereum. Salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, menjabat sebagai dewan eksekutifnya.

Baca juga: Standard Chartered Prediksi Harga Ethereum ke US$14.000 tahun 2025

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.