Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 6 min read

Ethereum (ETH) Alami Inflasi Pertama Kali Sejak The Merge

Ethereum layer-2

Pasokan Ethereum (ETH) mengalami inflasi untuk pertama kalinya dalam satu setengah tahun sejak upgrade The Merge terjadi. Pasokan ETH berhenti menjadi deflasioner setelah upgrade Dencun.

Pasokan Ethereum (ETH) Kembali Inflasi

Total pasokan ETH meningkat menjadi 120,1 juta pada 7 Mei 2024, dari 120 juta pada 12 Maret 2024, sebelum upgrade Dencun diluncurkan di mainnet menurut data CryptoQuant.

ethereum supply
Gambar: Perkembangan pasokan ETH. Sumber: CryptoQuant.

Meskipun ini merupakan peningkatan kecil (hanya sekitar 100 ribu ETH), ini menandai periode pertama ketika pasokan ETH berubah menjadi inflasioner sejak September 2022, ketika The Merge mengubah Ethereum ke model konsensus proof of stake (PoS).

ETH yang kehilangan status deflasionernya sebenarnya bukanlah hal yang kritis bagi jaringan Ethereum karena manfaat utamanya lebih terkait dengan aplikasi terdesentralisasi (dApps).

“Pasca-upgrade Dencun, ETH kehilangan status deflasioner dengan biaya yang lebih rendah, meninggalkan konsep ultrasound money. Kekuatan Ethereum terletak pada dApps; lebih bijak untuk tidak membandingkannya dengan narasi uang yang kuat dari Bitcoin”, jelas pendiri dan CEO CryptoQuant, Ki Young Ju.

Pasokan ETH pertama kali menjadi deflasioner setelah The Merge pada 15 September 2022, ketika mekanisme yang membakar biaya transaksi di jaringan secara permanen diperkenalkan, mengakibatkan penurunan pasokan ETH.

ethereum
Gambar: Jumlah ETH yang telah di-burn. Sumber: Ultrasound Money.

Sekitar dari 418.352 ETH telah dihapus secara permanen dari sirkulasi sejak The Merge, menurut data Ultrasound Money.

Baca juga: Sejak The Merge Suplai ETH Turun 98%, Harga Ikut Merosot!

The Merge dan Dencun Seperti Bertolak Belakang

Upgrade Dencun mengakhiri tren inflasioner ETH dengan membuat biaya transaksi hingga empat kali lebih murah daripada sebelumnya, dengan tingkat aktivitas jaringan yang sama.

Meskipun ini adalah langkah signifikan bagi jaringan Ethereum dan penggunanya, ini bisa menandai akhir dari status ETH sebagai ultra-sound money (pasokan yang deflasioner), menurut laporan CryptoQuant pada 8 Mei 2024.

“Upgrade Dencun telah membuat ETH inflasioner lagi, berpotensi mengakhiri narasi Ultra-sound money karena biaya transaksi yang dibakar pada Ethereum secara struktural lebih rendah, yang berakibat tidak menurunkan total pasokan ETH untuk menjaga agar tetap deflasioner.”

Karena biaya transaksi yang lebih rendah, jumlah ETH yang dibakar telah menurun ke tingkat terendah sejak The Merge, sementara pertumbuhan pasokan telah meningkat ke tingkat tertinggi sejak upgrade Dencun.

Baca juga: Upgrade Dencun Ethereum Sukses, Harga ETH Justru Melemah

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.