Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Ethereum Classic Resmi Lakukan Hard Fork!

Wafa Hasnaghina     Monday, November 30 2020

Hard Fork pada Ethereum Classic kali ini dilakukan pada blok #11.700.000. Peristiwa yang disebut Ethereum Classic Improvement Proposal (ECIP 1099) akan menghadirkan dua perubahan utama pada Ethereum Classic. Peristiwa ini berlangsung pada kisaran tanggal 28-29 November 2020 lalu.

Pertama, algoritme akan diubah dari ETHash (DaggerHashimoto) menjadi ETChash. Kedua, ukuran DAG akan dikurangi dari 3,94 GB menjadi 2,74 GB.

Mainnet mata uang crypto nantinya akan beroperasi dengan aturan tertentu. Untuk meningkatkan kinerja jaringan, peristiwa ini akan dibuat secara berkala. 

Hard fork sendiri merupakan perubahan pada jaringan yang sudah tidak lagi kompatibel dengan versi program sebelumnya dan untuk itu perlu dilakukan perbaruan pada beberapa program di dalam jaringan.

Baca juga:  Yuk Pahami Perbedaan Hard Fork dan Soft Fork!

Tujuan Hard Fork Ethereum Classic

Tujuan dilakukannya hard fork adalah untuk menarik lebih banyak hash rate yang berasal dari jaringan Ethereum (ETH). Meskipun kontrovesi lantaran pengembang ingin mengubah algoritme penambangan pada Ethereum Classic, update ini dirasa perlu untuk meningkatkan ketahanan jaringan dari upaya manipulasi atau 51% attack pada jaringan Ethereum Classic. 

Baca juga: 8 Mining Pool untuk Mining Bitcoin dan Ethereum 2021

Diharapkan hash rate yang meningkat akan secara signifikan meningkatkan keamanan pada jaringan Ethereum Classic.