Berita Industri · 5 min read

ETF ETH Spot Diproyeksi Mulai Perdaganganpada Juli 2024

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) siap untuk menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Ethereum minggu depan, dengan perdagangan diperkirakan akan dimulai pada 23 Juli 2024.

Perkembangan signifikan ini mengikuti komunikasi baru-baru ini antara SEC dan penerbit ETF, yang menandakan adanya potensi lampu hijau untuk produk keuangan yang sangat dinantikan ini.

Dilansir dari Cryptoslate, analis senior ETF Bloomberg Eric Balchunas menyampaikan berita tersebut pada 15 Juli 2024 melalui akun X-nya.

Dia melaporkan bahwa SEC telah menginstruksikan emiten untuk menyerahkan pernyataan pendaftaran S-1 mereka yang telah diselesaikan, termasuk biaya manajemen, pada tanggal 17 Juli.

SEC diperkirakan akan meminta efektivitas setelah penutupan bisnis pada tanggal 22 Juli, membuka jalan bagi peluncuran perdagangan hari Selasa.

“Mendengar SEC [telah] akhirnya menghubungi emiten hari ini, meminta mereka untuk […] meminta efektivitas pada hari Senin setelah penutupan peluncuran Selasa 23/7,” tulis Balchunas di X.

Antisipasi dan Reaksi Industri ETF ETH

Komunitas kripto telah dengan sabar menunggu persetujuan ETF spot Ethereum sejak SEC menyetujui ETF Bitcoin spot pada bulan Januari, yang menghasilkan arus masuk sekitar US$15,8 miliar tahun ini. 

Nate Geraci, Presiden ETF Store, memperkirakan minggu ini sebagai kemungkinan periode persetujuan untuk ETF spot Ethereum. Dia men-tweet, “Selamat datang di minggu persetujuan ETF. Saya menyebutnya. Tidak mengetahui hal spesifik apa pun, hanya saja tidak dapat memberikan alasan bagus untuk penundaan lebih lanjut pada saat ini. Emiten siap diluncurkan.”

Baca juga: 3 Sektor Kripto Ini Berpotensi Bersinar Usai ETF ETH Spot Disetujui

Signifikansi bagi Industri Kripto

Pengenalan ETF Ethereum spot dipandang sebagai tonggak penting bagi industri aset kripto. ETF ini akan memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur terhadap Ethereum melalui akun pialang tradisional, menyediakan produk keuangan yang diatur untuk terlibat dengan aset digital.

Menurut K33 Research, ETF Ethereum spot dapat menarik arus masuk hingga US$4 miliar dalam lima bulan pertama. Menyusul peluncuran ETF spot Ethereum, pengamat pasar mengantisipasi aliran investasi besar dan potensi pengenalan produk keuangan tambahan berbasis aset kripto. 

Balchunas menyarankan bahwa persetujuan ETF Ethereum dapat membuka jalan bagi ETF berdasarkan token lain, dimulai dengan Solana. 

Baca juga: Persetujuan ETF Ether Spot Tunjukan Sinyal Positif, Ini Tandanya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.