Berita Bitcoin · 7 min read

ETF Bitcoin Spot BlackRock dan Fidelity Raih Arus Masuk US$340 Juta dalam Sehari

Dampak ETF Bitcoin

Dua raksasa keuangan, BlackRock dan Fidelity Investments, telah memimpin gelombang investasi besar-besaran ke dalam dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin, menandai salah satu hari terbesar dalam sejarah investasi kripto. 

Dalam satu hari saja menurut data Bitmex Research, ETF Bitcoin telah menarik investasi sebesar US$340 juta, sebuah angka yang mencengangkan yang menunjukkan kepercayaan investor terhadap Bitcoin sebagai aset investasi yang layak.

Data BitMEX menunjukkan bahwa BlackRock IBIT memimpin dengan arus masuk yang signifikan sebesar US$224 juta, meningkatkan total kepemilikannya menjadi US$4,8 miliar.

Di belakangnya, FBTC ETF Fidelity mencatat arus masuk bersih selama enam hari berturut-turut melebihi US$100 juta, dengan arus masuk US$119 juta meningkatkan totalnya menjadi US$3,4 miliar. ARKB oleh Ark Invest dengan aliran masuk sebesar US$102 juta pada 14 Februari.

Baca juga: Institusi ETF Bitcoin Spot Akumulasi 3,3% Supply Bitcoin

GBTC Alami Arus Keluar Lebih Lanjut

Seperti yang dilaporkan BitMEX, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mengamati arus keluar lebih lanjut sebesar US$131 juta, mencapai total arus keluar US$6,7 miliar. Terlepas dari arus keluar ini, total arus masuk bersih untuk semua ETF Bitcoin mencapai US$4,1 miliar yang mengesankan, sebuah bukti semakin populernya mereka.

Investasi besar-besaran ini bukan hanya angka dalam laporan keuangan; mereka adalah indikator kuat dari sentimen pasar yang positif dan penerimaan Bitcoin di kalangan investor institusional. Dengan masuknya dana institusional ini, Bitcoin dan aset kripto  lainnya semakin dilihat sebagai bagian integral dari lanskap keuangan global. 

Sementara itu, laporan terpisah oleh manajer aset kripto CoinShares menguraikan pergerakan dana mingguan melalui produk investasi berbasis aset kripto. Laporan tersebut mengungkapkan arus masuk sebesar US$1.115,9 miliar selama seminggu terakhir. CoinShares menyebutkan bahwa angka tersebut berkontribusi terhadap arus masuk tahun ini sebesar US$2.7 miliar.

Secara signifikan, Bitcoin menyumbang hampir 98% dari arus masuk, dengan total US$1.089 miliar, menurut CoinShares. Selain itu, arus masuk kecil diamati di Avalanche (AVAX), Polygon (MATIC), dan Tron (TRX), yang secara kolektif mencatat sekitar US$1,3 juta.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.