Berita Altcoins · 5 min read

Elonomics Meme Coin Koreksi 95%! Calon Rug Pull?

Rug pull adalah sebuah tindakan penipuan yang kerap terjadi pada ruang cryptocurrency.

‘Oknum’ tersebut biasanya crypto creator yang membuat proyek palsu lalu membawa kabur dana yang diperolehnya dari investor yang membeli aset mereka.

Kasus rug pull yang kerap jadi bahan perbincangan belum lama ini adalah token Squid Game yang alami kerugian full 100%.

Kejadian serupa juga terjadi pada koin meme yang terinspirasi dari Elon Musk, Elonomics (ELONOM) namanya.

Elonomics alami peningkatan harga 21x sebelum akhirnya terjun hingga 95% hanya dalam 36 jam.

Meski belum ada berita lain yang menyudutkan koin meme tersebut adalah rug pull, namun sebagian besar penipu di ruang cryptocurrency memiliki motif dan kronologi serupa. Mereka mencari kesempatan dari volatilitas serta harga fluktuatif di ruang crypto. 

Perlu digaris bawahi, koin meme Elonomics  ini tidak ada kaitannya dengan Elon Musk. Elon Musk tidak pernah mengakui adanya hubungan langsung dengan proyek tersebut. 

Grafik Harga Elonomics

Rincian Harga ELONOM

Untuk rekap grafiknya sendiri, fluktuatif coin meme yang satu ini terpantau ekstrim. Hari Senin kemarin, tepatnya pada 8 November, token ELONOM bertahan dengan harga stabil di angka $3,49 per meme.

Namun 20 menit kemudian, harga ELONOM dengan fantastik melonjak hingga $77, yang membuatnya berlipat ganda hingga 21 kali lipat.

Dalam waktu lima jam, harga tersebut sayangnya merosot, namun tak lama kembali melayang di atas $20 selama lebih dari satu hari. 

ELONOM kemudian naik tipis sebesar 28%, dan menjadikan harganya bernilai lebih dari $38 per token pada pukul 12:04 pagi ini.

Enam menit setelah kenaikannya, ELONOM langsung terjun bebas dan alami penurunan hingga 95%. Pada saat penulisan, token tersebut diperjualkan dengan harga $1,83.

Sejauh ini, tidak ada lonjakan volume perdagangan yang jelas, trader whale yang memborong, atau berita yang menjelaskan ayunan whipsaw yang kejam seperti itu. 

Satu hal yang membuat aksi harga ini membingungkan, ELONOM merupakan token pasokan elastis, yang seharusnya memperlancar volatilitas.

Kejanggalan Token ELONOM

ELONOM adalah token pasokan elastis atau rebase yang sudah diprogram agar secara otomatis menambah atau mengurangi jumlah total pasokan yang beredar.

Jika ditinjau dari perubahan harga, hal ini diprogram agar harga token tetap berada dalam rasio harga dan penawaran yang telah ditetapkan. 

Saat harga naik atau turun, pasokan dalam wallet pun bergeser arah secara proporsional untuk mempertahankan status quo rasio. 

Namun ada kemungkinan jika algoritmanya lah yang memang tidak stabil atau masih dalam pengembangan. Hal itu tentu akan menyebabkan koreksi berlebihan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.