Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Airdrop crypto · 7 min read

EigenLayer Umumkan Airdrop, Rilis Whitepaper Terbaru

Eigenlayer

Protokol restaking EigenLayer menerbitkan whitepaper terbaru dan meluncurkan airdrop token EIGEN pada bulan Mei 2024.

Tokenomics EIGEN, Mayoritas untuk Tim dan Investor

Yayasan non-profit independen, Eigen Foundation akan menjadi entitas yang merilis token EIGEN.

EIGEN akan memiliki total supply sebanyak 1,67 miliar token saat diluncurkan. Yayasan telah mengalokasikan 45% dari token kepada komunitasnya yang terdiri dari: stakedrops (15%), inisiatif komunitas (15%), dan pengembangan ekosistem (15%).

Sebanyak 29,5% dari token telah dialokasikan untuk investor, sementara kontributor awal akan menerima 25,5%. Secara keseluruhan, alokasi untuk insider (investor dan tim) adalah 55% dari supply.

Investor dan kontributor awal akan mengalami periode lockup total selama tiga tahun untuk alokasi mereka. Tahun pertama melibatkan penguncian penuh, diikuti dengan pelepasan bertahap dari total kepemilikan mereka pada tingkat 4% per bulan selama dua tahun berikutnya.

Baca juga: Total TVL EigenLayer Melonjak ke US$4 Miliar dalam 24 Jam!

Kritik Mengenai Distribusi Token

Antusiasme awal dari komunitas berkurang ketika mereka menyadari bahwa hanya 15% dari token yang akan didistribusikan melalui apa yang disebut EigenLayer sebagai stakedrop. Khususnya, dalam distribusi pertama, hanya 5% dari total supply token yang akan diberikan kepada pengguna berdasarkan snapshot aktivitas staking pada 15 Maret 2024.

Lebih lanjut dari alokasi ini, 90% token yang dapat diklaim pada10 Mei 2024, tidak dapat segera dipindahkan, yang semakin membuat komunitas kesal.

Alokasi ini sangat kontras dengan 55% token yang ditetapkan untuk investor dan kontributor awal. Perbedaan ini telah memicu kritik dari komunitas kripto. Investor kripto populer dengan nama pengguna di platform X, CoinMamba mengomentari keserakahan dari tim dan investor dalam kasus ini.

“Jadi tim EigenLayer dan investor mendapatkan 55%, tetapi staker hanya mendapatkan 5%, dan bahkan itu tidak akan dapat ditransfer pada awalnya. Tingkat keserakahan yang ditunjukkan oleh pengembang kripto dan VC benar-benar terus mengejutkan saya setiap saat,” kata CoinMamba.

Whitepaper Mengenai Fungsi Token EIGEN

Dalam whitepaper terbarunya, EigenLayer memperkenalkan token EIGEN yang dirancang sebagai token kerja “intersubjektif universal”. Token ini harus di-stake untuk memungkinkan pengguna melakukan tugas tertentu. Dalam konsep token kerja ini, ada mekanisme yang disebut slashing, di mana pelanggar aturan akan dikenai penalti dengan menyita token yang di-stake.

Whitepaper EigenLayer juga memperkenalkan model staking baru yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dan keamanan. Model ini berfokus pada universalitas, memungkinkan token digunakan untuk berbagai tugas digital, serta verifikasi intersubjektif, yang memungkinkan kesepakatan antar pengamat mengenai pelaksanaan tugas.

Dengan pendekatan ini, EigenLayer berharap dapat meningkatkan keamanan kripto-ekonomi dan mendorong Ethereum menuju ekosistem yang lebih terbuka dan dapat diverifikasi.

Baca juga: EigenLayer Dapat Kucuran Dana Rp1,5 Triliun dari a16z

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.