Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Dua Proyek DeFi Bernilai Lebih $1,2 Miliar TLV Miliki Masalah Tata Kelola

Wafa Hasnaghina     Tuesday, August 25 2020

Curve Finance adalah salah satu protokol DeFi terbesar ketiga saat ini, dengan total nilai terkunci (TLV) sebesar $1,1 miliar. Namun, disinyalir Michael Egorov, pendiri proyek Curve Finance memanfaatkan lebih dari 71% hak suara, dan menimbulkan kegaduhan di dalam komunitas Curve Finance baru-baru ini. 

Andre Cronje, pendiri protokol DeFi yErn.Finance, memberikan tanggapannya di Twitter pribadinya

Pemungutan suara pada protokol berikutnya dijadwalkan pada 28 Agustus nanti. Meskipun hak suara Egorov agak turun, ia masih mengendalikan lebih dari 50% suara pada saat pers nanti.

Proyek DeFi Lainnya

Masalah ini membuat banyak kekhawatiran, pasalnya banyak proyek DeFi seperti YFValue yang dirilis minggu lalu ternyata memiliki bug bawaan yang memungkinkan pembuatnya mengunci secara permanen dana yang dipertaruhkan (staking) pengguna. 

Baca juga: Kunci $400 Juta dalam Protokol, Token DeFi YAM Finance Temukan Bug

Walaupun bug yang dimiliki YFValue tidak begitu mengkhawatirkan dan dapat dengan segera di atasi, tetapi ini memberikan peluang kepada para penambang yang hanya memikirkan keuntungan pribadi. 

“Namun, anggota komunitas yang cerdas melihat kesahan kami ini dan memanfaatkannya dengan terus melakukan transaksi pada pools yang kosong meskipun kami telah memperingatkan hal tersebut, dan meski kami telah menghapus UI bagian tersebut. Karena hal ini tidak dapat kami cegah, kami membuat keputusan untuk membakar kunci penambang yang melakukan hal tersebut. Pembakaran kunci ini akan menyebabkan kegagalan transaksi di checkNextEpoch (24/08/2020 @ 7:52 pagi (UTC), kondisi yang kami harap dapat mencegah (hal tersebut).”

Mereka atau para penambang yang tidak mengeluarkan dananya dari pools sebelum tenggat waktu yang ditentukan tersebut, dapat kehilangan aset mereka selamanya.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini