Berita Altcoins · 7 min read

Dua Kabar Ini Berpotensi Dorong Solana ke Harga Tertingginya

Solana (SOL) mulai terlihat bergerak naik kembali setelah awal Bulan Maret 2021 ini mengalami koreksi dari harga tertingginya.

Terdapat dua sentimen positif yang kemungkinan besar akan mendorong harga mata uang crypto ini naik menuju harga tertingginya bahkan lebih.

Tether Tersedia di Blockchain Solana

Stablecoin terbesar dari kapitalisasi pasar, Tether (USDT), sekarang tersedia dan bergerak di blockchain Solana.

Setelah pengumuman ini, Harga crypto Solana (SOL) naik 16% menurut data dari Nomics.

Solana adalah blockchain berbasis proof-of-stake yang menggambarkan dirinya sebagai jaringan dengan kecepatan tinggi dan biaya rendah.

Nilai utama ini adalah keunggulan sebagai alternatif dari blockchain Ethereum saat ini.

Hal ini penting akibat permasalahan biaya transaksi tinggi dari Ethereum akibat Sektor Decentralized Finance (DeFi) dan Non-Fungible Token (NFT).

Tether sendiri dibentuk untuk mengamankan mayoritas mata uang crypto dari volatilitas, akibat harganya yang terikat dengan Dolar Amerika.

Baca juga: Kapitalisasi Pasar Tether Meningkat 4X Lipat Selama 2020

USDT dapat digunakan untuk perpindahan dana antar blockchain tanpa menggunakan bank. Hal ini membuat kemudahan terutama di Sektor DeFi.

Saat ini fokus utama Solana terlihat berada di DeFi akibat fenomena di sekitarnya yang masih terlihat tinggi.

Salah satu upaya memenuhi fokus ini adalah pembentukan jembatan dengan blockchain Ethereum, sehingga proyek Ethereum dapat pindah ke Solana.

Hal ini penting akibat mayoritas proyek DeFi saat ini masih berada di blockchain Ethereum dan terimbas masalah kecepatan serta biaya transaksi.

Menurut pengumuman Tether, pengguna Solana dapat menukarkan USDT dalam kecepatan lebih dari 50.000 transaksi per detik dengan minimal dana $0.00001.

Kerja Sama dengan Civic

Sentimen positif lainnya berasal dari Civic, penyedia solusi manajemen identitas pada blockchain yang mengumumkan kerja sama dengan Solana.

Tujuannya adalah membentuk blockchain yang lebih terdesentralisasi dan berkualitas lebih baik.

Selain itu, kerja sama ini akan meningkatkan keamanan dan kemudahan penggunaan identitas digital.

Fokus utama juga masih tertuju untuk mengalahkan Ethereum dan menggarap proyek DeFi, serta memberikan manfaat lebih untuk konsumen.

Dengan adanya manajemen kunci identitas, pemulihan kunci untuk kehilangan atau kerusakan, dan uji coba yang sudah baik, Civic akan membantu penggarapan proyek DeFi lebih tinggi.

Baca juga: 3 Protokol Pinjaman DeFi Ini Hasilkan Rp8,4 Triliun Per Tahun

Penggarapan ini disebabkan kemudahan dan peningkatan kualitas jembatan antara Solana dan Ethereum untuk mempermudah perpindahan proyek.

Civic juga akan memberikan perubahan pada penyimpanan dana dengan adanya dompet digital baru.

Dompet digital ini akan lebih aman dengan kecepatan tinggi dan biaya rendah akibat bergerak di blockchain Solana.

Kedudukan Civic sebagai nomor satu di dunia identitas yang terdesentralisasi dan Solana yang memberikan biaya rendah dan kecepatan tinggi, akan membuat kerja sama ini sangat positif.

Kerja sama ini akan berfokus untuk konsumen, agar tercipta pengalaman yang lebih baik serta implementasi pada dunia nyata yang lebih terfokus.

Solana Potensi Naik Kembali

Oleh karena kedua kabar ini, Solana (SOL) memiliki potensi untuk naik lebih tinggi dari koreksi sebelumnya.

Kemungkinan besar apresiasi ini masih akan terus berlanjut bahkan melebihi harga tertinggi sebelumnya.

Grafik 4 Jam SOLUSD

Saat ini pergerakan besar SOL masih terlihat positif akibat masih berada dalam zona apresiasi sejak akhir Januari 2021.

SOL sedang bergerak di antara batas atas pada $16,42 dan batas bawah pada $15,62.

Kemungkinan besar koreksi kecil akan terjadi ke batas bawah sebelum apresiasi terjadi.

Dengan sentimen positif ini, terdapat potensi apresiasi menuju $18 yang jika terhitung dari batas bawah saat ini berada di sekitar 16%.

Apresiasi ini juga didukung oleh harga yang masih berada di atas MA Cross bersama MACD yang mulai terlihat cross.

Indikator RSI memperlihatkan bahwa potensi terjadi koreksi kecil yang kemungkinan akan menuju $15,6 hingga $15 yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi.

Namun mengingat sentimen positif di sekitar Solana, kemungkinan apresiasi masih sangat kuat.

Apresiasi kemungkinan besar memiliki target jangka pendek pada $18 dan jangka panjang pada $29 atau daerah 161,8% Fibonacci.

*Disclaimer

Seluruh pernyataan dalam artikel ini adalah pandangan dan analisis penulis pribadi dan bukan saran resmi untuk investasi atau trading. Kerugian dan keuntungan yang didapat dari analisis ini bukan tanggung jawab Coinvestasi dan merupakan tanggung jawab investor atau trader masing-masing.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.