Berita Blockchain · 7 min read

Dompet Crypto Ini Mencapai 5 Juta Pengguna, Ini Penyebabnya

Salah satu dompet digital yang terkenal di dunia crypto, MetaMask dikabarkan telah mencapai 5 Juta pengguna aktif per bulan.

Pertumbuhan ini terlihat dalam enam bulan terakhir dan terjadi akibat pertumbuhan di Sektor Decentralized Finance (DeFi) menurut laporan dari ConSensys.

Pengguna Aktif Tumbuh Lima Kali Lipat

Pengguna dompet digital utama dari jaringan Ethereum ini telah tumbuh lima kali lipat.

Pertumbuhan ini membawa MetaMask memiliki 5 Juta pengguna aktif per bulan pada versi komputer dan telepon genggam.

Tercatat juga bahwa volume secara akumulatif telah naik hingga menjadi $2 Miliar setelah menyentuh $1 Miliar pada bulan lalu.

Pertumbuhan Pengguna Aktif MetaMask

Dikabarkan bahwa salah satu pendukung pertumbuhan ini adalah kemudahan ketersediaan MetaMask pada beberapa negara berkembang.

ConsenSys menyatakan pertumbuhan MetaMask terjadi akibat ketertarikan beberapa negara terutama dari India, Indonesia, Nigeria, dan Vietnam.

Selain itu, ConsenSys menyatakan bahwa aplikasi ini terkenal akibat negara-negara tersebut percaya terhadap crypto sebagai sebuah ekosistem.

Namun salah satu tujuan lain juga menurut ConsenSys adalah untuk tujuan investasi jangka panjang dan juga sebagai pendapatan sampingan.

Adopsi Semakin Luas

Bukan hanya akibat adopsi secara global, namun dompet ini juga “naik daun” karena adopsi ke ranah baru dan juga penggunaan beberapa fitur lain.

Salah satu fitur yang digunakan selain untuk menyimpan adalah fitur swap yang digunakan untuk menemukan harga terbaik di seluruh bursa terdesentralisasi atau DeX yang ada.

Saat ini biaya penggunaan fitur swap pada MetaMask berada di harga sekitar 0,875% per transaksi swap yang dilakukan.

Selain itu, terdapat sentimen positif lainnya yaitu adopsi yang baru saja dilakukan oleh dompet perangkat keras Trezor dan Ledger.

MetaMask sekarang sudah tersedia untuk digunakan dan tersambung pada dompet Trezor dan Ledger.

Terakhir, Consensys juga menyatakan bahwa ketertarikan yang meningkat adalah akibat tumbuh pesatnya sektor Non-Fungible Token atau NFT.

Sektor NFT telah berhasil menarik perhatian masyarakat, tidak hanya investor crypto, namun juga seniman, para gamers, dan juga para penggiat barang koleksi.

Baca juga: Pengguna MetaMask? Hati-hati ada yang Palsu!

Menurut data yang didapatkan oleh ConsenSys, perpindahan dana terkait NFT menjadi transaksi kedua terbesar, setelah transaksi swap.

Keperluan dompet menjadi semakin meningkat bersama dengan ketertarikan terhadap crypto dan sektor terdesentralisasi digital yang meningkat.

Sehingga kemungkinan besar, mengingat MetaMask menjadi dompet yang sudah relatif dikenal akibat keberadaannya yang sudah cukup lama, pertumbuhannya akan terus berlanjut.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.