Berita Bitcoin · 8 min read

Dominasi Bitcoin Tertinggi Sejak 3,5 Tahun, Altcoin Tunggu Momentum

Bitcoin (BTC) kembali menunjukkan kekuatannya dengan mendominasi pasar kripto, mencapai pangsa pasar hampir 60%, tertinggi sejak April 2021.

Ketika harga Bitcoin terus melonjak, altcoin justru tidak banyak bergerak dalam beberapa hari terakhir. Namun, beberapa analis meyakini dominasi ini hanya sementara dan musim altcoin bisa segera dimulai.

Dominasi Bitcoin Hampir 60%

Pada 15 Oktober 2024, dominasi Bitcoin tercatat mencapai 58,77%, level tertinggi dalam 3,5 tahun terakhir. Pada saat yang sama, harga Bitcoin melonjak hingga US$67.800, mencatat rekor tertinggi dalam 10 minggu terakhir. Meski sempat terkoreksi ke $64.880, harga BTC kembali naik dan diperdagangkan di atas US$67.000, dengan kapitalisasi pasar mencapai US$1,32 triliun.

Di hari yang sama (15/10/24), ETF Bitcoin di Amerika Serikat mencatat aliran masuk bersih sebesar US$371 juta. Selama tiga hari perdagangan terakhir, produk ETF Bitcoin telah mengumpulkan lebih dari US$1,1 miliar, menurut Farside Investors. Faktor ini mungkin menjadi salah satu penyebab kenaikan harga Bitcoin.

bitcoin
Gambar: Pasang perdagangan ETH/BTC. Sumber: TradingView.

Kenaikan dominasi ini secara historis menjadi kabar buruk bagi altcoin di saat yang sama. Bitcoin mencatat kenaikan harian sebesar +2,5%, sedangkan sebagian besar altcoin justru bergerak datar atau mengalami penurunan. Rasio Ethereum (ETH) terhadap BTC juga menunjukkan pelemahan, turun di bawah 0,039, level terendah sejak April 2021.

Baca juga: Dominasi Bitcoin Turun, Altcoin Diprediksi Bullish

Akankah Musim Altcoin Segera Dimulai?

Walaupun dominasi Bitcoin sedang memuncak, beberapa analis dan trader memprediksi bahwa fenomena ini hanya sementara. Benjamin Cowen, pendiri ICT Crypto, memproyeksikan dominasi Bitcoin akan mencapai puncaknya di sekitar 60% atau lebih. Ia menambahkan bahwa Bitcoin perlu mengalami lonjakan besar sebelum altcoin bisa menemukan momentumnya.

Seperti yang pernah terjadi pada Agustus 2020, dominasi Bitcoin mengalami peningkatan hingga Desember 2020. Namun, setelah mencapai puncaknya, dominasi Bitcoin mengalami penurunan signifikan sepanjang tahun 2021, menandai altseason di tahun tersebut.

bitcoin dominance
Gambar: Grafik Bitcoin Dominance (BTC.D). Sumber: TradingView.

Pola serupa mungkin terulang, sejak Agustus 2024, dominasi Bitcoin telah meningkat sekitar 4% satuan dan diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir tahun. Para analis memprediksi bahwa setelah dominasi Bitcoin menurun, musim altcoin atau altseason akan kembali hadir di tahun 2025.

Analis Moataz Elsayed dengan username Eljaboom di platform X, juga memprediksi bahwa dominasi Bitcoin akan segera melemah, membuka jalan bagi memecoin dan altcoin besar lainnya untuk meraih momentum. Dengan demikian, banyak trader bersiap menyambut potensi kenaikan altcoin begitu dominasi Bitcoin mulai melandai.

Baca juga: Altseason Kembali, Analis Cuan Banyak dari 7 Altcoin Ini!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.