Disertasi PhD Craig Wright Diduga Hasil Jiplak

Wafa Hasnaghina

7th May, 2020

Craig Wright, yang mengakui dirinya sebagai salah satu anggota tim “pencipta” Bitcoin, diduga menjiplak sebagian besar disertasi doktoralnya di tahun 2017, menurut sebuah artikel penelitian.

Setidaknya 30 halaman disertasi Wright, termasuk seluruh bab, merupakan “Plagiarisme substansial, atau kesengajaan,” tuduh seorang peneliti pseudonim yang dijuluki “Paintedfrog”. 

“Wright menjiplak sejumlah besar isi dan menyusun ulang untuk menghindari alat deteksi otomatis. Dalam kebanyakan kasus, ia hanya mengganti sinonim setiap beberapa kata,” ujarnya dalam sebuah postingan blog. 

Peneliti menunjuk ke bagian “Data Mining Desktop Survival Guide,” sebuah buku yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2004 oleh Professor Graham Williams. Jika membandingkan keduanya, satu dari tesis Wright dan satu dari buku tersebut, Paintedfrom menyoroti beberapa kesamaan yang cukup mencolok.

Peneliti tersebut berpendapat bahwa contoh ini adalah bukti adanya plagiarisme dalam tesisnya, dan menambahkan bahwa tidak ada bahan yang diduga dijiplak ini ditulis kutipannya. 

Dalam salah satu contoh, Paintedform menyatakan bahwa Wright keliru dalam menyalin atas kesalahan tata bahasa yang dibuat di sumber lain.

Contoh lain termasuk grafik dan diagram yang diduga diambil dari berbagai sumber.

Baca juga: John McAfee Tahu Siapa Satoshi Nakamoto?

Pihak Universitas Akan Menyelidiki Kasus Ini

Seperti yang dilansir pada Decrypt, Paintedfrog memberikan percakapan email diantara dirinya, profesor Emin Gün Sirer dari Universitas Cornell dan beberapa profesor dari Universitas Charles Sturt, yang merupakan tempat Wright mengemban pendidikannya. 

“Terima kasih telah menyampaikan hal ini kepada kami. Kami akan segera menangani masalah plagiarisme ini dengan serius. Kami akan menyelidiki kasus ini dan memutuskan tindakan sesuai kebijakan integritas akademik kami,” tulis Professor Tanveer Zia PhD SFHEA, kepala asosiasi School of Computing and Mathematics.

Paintedfrom juga telah mengirimkan sejumlah email ke universitas untuk memberitahukan kepada mereka mengenai temuannya ini. Ia menjelaskan, “Saya menulis secara anonim karena ancaman hukum dan upaya pembalasan dendam yang sering terjadi, apalagi Wright adalah orang yang terkenal.” Di lain pihak, Wright telah menggugat beberapa anggota komunitas crypto karena menyebutnya seorang penipu.

Selain yang dijelaskan Paintedform sebelumnya, ia juga memberikan pernyataan tersebut kepada Sirer, jika mungkin universitas memiliki pertanyaan. “Anda akan dinilai bukan dari apa yang lolos, tetapi dari reaksi Anda terhadapnya setelah Anda melihat bukti yang tak terhindarkan ini,” tulis Sirer kepada universitas ia mengajar.

Ini bukan pertama kalinya Wright terlibat dalam skandal plagiarisme. Disertasi hukum Wright pada tahun 2008 juga dipertanyakan oleh Paintedfrom pada awal April lalu.

Serupa dengan analisis barunya, ia juga mengutip plagiarisme ini dimulai dari pengulangan sederhana pada materi yang ada hingga kesamaan antara sepuluh potongan pekerjaan.

Analisis ini keluar hanya beberapa hari setelah tanggal persidangan Wright atas miliaran dolar pertarungannya ditetapkan. Pertarungan ini mengenai kritik terhadap Wright yang menuduhnya sebagai seorang penipu.

Sumber