Berita NFT · 7 min read

Lebih Laku NFT, Seniman Ini Bakar 1.000 Lukisan!

demi nft, seniman bakar 1000 lukisan

Seorang seniman sekaligus kolektor karya seni asal Inggris, Damien Hirst membakar ribuan lukisannya saat pembeli karyanya lewat NFT.

Dalam siaran langsung di Instagram pribadinya, Damien membakar karyanya sebanyak 1.000 lukisan. Diperkirakan karya-karya yang dibakar secara kolektif bernilai hampir £10 juta atau sekitar Rp174 miliar.

“Banyak orang berpikir saya membakar jutaan dolar seni, tapi ternyata tidak, dan saya menyelesaikan transformasi karya seni fisik ini menjadi NFT dengan membakar versi fisiknya,” kata Damien.

Tangkapan Instagram pribadi Damien Hirst. Sumber: Instagram.

Ditanya bagaimana perasaannya saat membakar karya, Damien berkata: “Rasanya enak, lebih baik dari yang saya harapkan,” dilansir dari BBC, Senin (17/10/2022).

Apresiasi Karya Digital NFT

Damien mengenakan celana boiler-suit metalik perak dan sarung tangan keselamatan kebakaran yang serasi saat ia mengumpulkan setiap bagian dan membakarnya di dalam kotak api yang berisi.

Sumber: AFP Getty Images.

Sementara, project koleksinya yang bernama “The Currency” merupakan koleksi digital pertama Damien yang dirilis tahun 2021 dan terdapat di Opensea. Dengan cakupan 10.000 koleksi NFT atau setara dengan 10.000 karya seni asli yang dibuat. 

Kolektor yang membelinya harus memilih antara mempertahankan NFT atau menukarnya dengan karya seni fisik. Jika seseorang lebih memilih koleksi digital dibandingkan karya fisiknya, maka Damien akan membakar karyanya. 

“Nilai seni, digital atau fisik pada waktu tertentu tidak akan hilang nilainya, dan setelah dibakar karya tetap ada di NFT,” dilansir dari BBC.

Karya-karya tersebut dibuat pada tahun 2016 dengan cat enamel di atas kertas buatan tangan dan masing-masing diberi nomor, judul, dicap dan ditandatangani.

Newport Street Gallery London, tempat pameran koleksi seni Damien melaporkan bahwa 5.149 pembeli memilih karya seni fisik dan 4.851 memilih dalam bentuk digital.

Proyek ini telah menjadi bagian dari eksperimen sosial Damien dalam menguji nilai seni digital murni versi seni fisik. Pada saat siaran langsung pun, sang seniman membakar karyanya sendiri satu per satu. 

Sumber: AFP Getty Images.

NFT yang menggambarkan bintik-bintik berwarna-warni, dilaporkan masing-masing dijual senilai £ 1.800 atau sekitar Rp31 juta. Selain itu, sebelum Damien membakar setiap karya seninya, dia menunjukkannya ke kamera untuk mencatat kode unik untuk melacak setiap bagian yang telah dibakar. Lukisan akan terus dibakar sampai pameran “The Currency” ditutup pada 30 Oktober 2022.

Baca Juga: Isyana Sarasvati Luncurkan 2022 NFT My Mystery

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.