Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Luar Biasa! DeFi Tumbuh Sangat Cepat dan Dapatkan Ribuan Pengguna Baru

anisa giovanny     Wednesday, July 8 2020

DeFi atau decentralized finance telah tumbuh dengan kecepatan sangat tinggi, banyak ribuan pengguna baru yang menggunakannya dalam beberapa minggu terakhir.

Apa itu DeFi ? Anda dapat membacanya di sini

Menurut data terbaru dari platform penelitian Dune Analytics, protokol keuangan terdesentralisasi ini telah menunjukkan pertumbuhan yang spektakuler sejak 1 Juni.

Protokol penyeimbang swap telah  membuat basis penggunanya tumbuh lebih dari 580% pada waktu itu. Yang kedua adalah Curve pertukaran kumpulan likuiditas, yang melihat pertumbuhan pengguna lebih dari 170%.

Secara keseluruhan, ini lebih banyak bukti bahwa DeFi mengambil dunia crypto dengan  sangat cepat. Pada akhirnya bisa membawa penggunaan crypto yang lebih luas ke banyak kalangan.

Pertumbuhan pengguna pada protokol DeFi Balancer sejak Maret. Sumber: Dune Analytics

Dasbor Dune Analytics yang digunakan untuk mengukur pengguna DeFi dari waktu ke waktu dikembangkan oleh mitra 1Comfirmation , Richard Chen dan mencakup 20 protokol DeFi paling populer. Semuanya telah mencatat beberapa pertumbuhan sejak akhir Mei.

Dune Analytics memungkinkan pengguna untuk membuat dasbor mereka sendiri yang  bisa melacak data statistik dalam ekosistem blockchain, seperti harga Ethereum atau metrik pertukaran terdesentralisasi (DEX)

Produk DeFi yang Hasilkan Pertumbuhan

Produk DeFi tambahan memposting keuntungan pengguna yang mengesankan termasuk agregator pertukaran terdesentralisasi 1 inch pada pertumbuhan 43%, protokol peminjaman aset yakni Compund pada 40%, dan Uniswap pada 37%.

Compound baru-baru ini mulai mendistribusikan token tata kelola COMP,yang  memberikan kontrol masyarakat atas pengembangan dan masa depan protokol desentralisasi.  

Pada Mei, Uniswap pun merilis peningkatan yang memungkinkan biaya swap yang lebih rendah dan sejumlah fitur baru termasuk fungsionalitas harga oracle dan pinjaman kilat.

Pertumbuhan pengguna DeFi sejak Januari. Sumber: Dune Analytics

Sejak 1 Juni, total pengguna decentralized finance ini telah tumbuh lebih dari 23%. Protokol peminjaman Aave telah melihat pertumbuhan pengguna lebih dari 62% sejak 1 Juni. Ini dapat terus menjadi pendorong pertumbuhan di DeFi setelah peluncuran delegasi kredit hari ini dilansir dari Decrypt.co.

Delegasi kredit atau credit delegation bekerja seperti sebuah pinjaman bank yang memungkinkan penyedia likuiditas di Aave untuk menunjuk pengguna lain yang dapat mengambil pinjaman yang didukung oleh jaminan deposan  atau penyimpan uang dibank secara deposito di bank yang asli.

Sistem ini memungkinkan penyedia likuiditas untuk mendapatkan bunga lebih banyak pada deposito mereka. Sementara itu peminjam dapat mengakses pinjaman dengan sedikit atau tanpa jaminan mereka sendiri.

Seperti distribusi COMP Compound baru-baru ini dan peluncuran token tata kelola BAL Balancer, penambahan delegasi kredit Aave dimaksudkan untuk membuat DeFi lebih mudah diakses dan menarik bagi khalayak yang lebih luas.